5 cara atasi kata sandi gmail yang lupa dengan mudah

Aku tau, kamu sampai ke halaman ini karena kamu tidak bisa login ke akun email gmail mu akibat lupa kata sandi akun tsbt. Sebenernya google sendiri menyediakan bantuan beberapa step mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali akun kamu. Baik itu akun gmail yang lupa password ataupun akun yang di hack.

Disini, aku akan bahas secara simple langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Aku harap kamu bisa luangkan waktu sebentar untuk bisa fokus dalam membaca dan mengikuti tutorial ini.

Sebaiknya baca dengan cermat dan baca artikel-artikel pendukung yang sudah aku beri link dari sini agar lebih besar kemungkinan kamu untuk dapetin akun kamu lagi.

Aku udah banyak banget dapat komentar teman2 yang gagal dan ga bisa dapetin akunnya lagi. Hal ini bisa terjadi karna banyak hal, tapi sebagian besar (menurutku) karna kesalahan pengguna itu sendiri.

Perlu di ketahui, aku tidak terkait dengan pihak google/gmail, aku hanya pengguna biasa seperti teman2 semua, cara yang akan aku jelaskan sudah dibahas di halaman support dan forum google, hanya saja disini aku coba jelaskan agar lebih mudah dimengerti. Aku juga rangkum cara2 ini dari berbagai laman terkait sehingga memudahkan teman2 untuk dapat informasi yang diperlukan untuk reset sandi yang lupa tsbt.

Hal yang perlu disiapkan untuk reset sandi gmail kamu

Sebelum reset sandi gmail teman2, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar kemungkinan suksesnya lebih tinggi. Hal ini dijelaskan dilaman support google, aku bahas lebih lengkap disini : Tips dari “LAMAN SUPPORT GOOGLE” agar sukses reset sandi gmail yang lupa.

Untuk saat ini, teman2 cukup tau, bahwa proses reset sandi bisa gagal walaupun kita memiliki akses ke opsi recovery seperti email dan no hp.  Salah satu contoh gagalnya adalah dapet peringatan seperti ini “Google can’t verify it’s you, so you can’t sign into this account right now.” Kalau dalam bahasa indo kira2 seperti ini “Google tidak dapat memverifikasi bahwa ini memang anda, jadi anda tidak dapat masuk ke akun ini sekarang”.

Untuk menghindari hal tersebut, google udah menjelaskan dilaman support yang ada di link diatas. Disini aku akan rangkum point-point pentingnya.

  • Gunakan perangkat dan lokasi yang biasa kamu gunakan. Ini artinya, kamu “sebaiknya” menggunakan perangkat yang dikenal (misalnya hp yang biasa dipakai mengakses akun tsbt) dan lokasi yang dikenal (ini contohnya rumah/kantor, google menyimpan location history jika kamu pake android, jadi lokasi yang sering kamu gunakan biasanya udah tersimpan dan terkait ke akun google kamu)
  • Gunakan jaringan/wifi yang dikenal ( ini juga terkait sebenernya sama lokasi, biasanya wifi kantor atau wifi rumah bisa menunjukkan lokasi kamu, selain itu wifi ataupun jaringan provider ini memiliki karakteristik sendiri sehingga google bisa jadikan hal ini sebagain acuan untuk mengetahui apakah kamu benar pemilik akun tsbt)
  • Berikan jawaban pertanyaan keamanan dengan tepat dan jawab semua form yang diminta sebisa kamu.

AKu bisa jelasin lebih detail lagi mengenai point2 diatas, maksud dan tujuan serta fungsi dari tiap2 point tsbt, tapi aku ingin tutorial kali ini simple dan mudah di ikuti. Aku harap teman2 bisa melakukan persiapan seperti yang udh aku jelasin diatas, yaitu gunakan hp/laptop yang pernah akses akun tsbt, dilokasi biasa digunakan akses akun tsbt, dan di jaringan yang juga dikenal.

Note : Hal diatas tidak wajib, tapi sangat berpengaruh jika tidak dilakukan. Karena semua hal diatas penanda bahwa yang melakukan reset adalah benar pemilik akun sendiri.

Cara reset kata sandi gmail kamu yang lupa

Ok, sekarang kita masuk ke point yang juga ga kalah penting setelah persiapan selesai.

1. Pertama akses laman ini. https://accounts.google.com/signin/recovery. Nanti akan muncul form #1 reset gmail kamu. Pastikan laman berbahasa indonesia, dibagian bawah form #1 biasanya ada tombol ubah bahasa, cari bahasa indonesia.

2. Masih di form#1, isi username kamu atau alamat email yang akan direset, bisa juga isi nomer hp terkait akun tsbt. Lalu klik “next”. Akan muncul form #2, disini akan diminta isi password. Kamu pilih link “lupa password” atau “forgot password”

3. Akan muncul form baru lagi, aku kasih tanda form #3 aja. Disini kamu biasanya diminta isi password terakhir yang kamu ingat. Isi saja, jangan diskip. Hal ini udah dijelaskan dilaman support google sebelumnya bahwa sebaiknya isi semua pertanyaan yang diminta dan jangan ada yang diskip, isi juga dengan benar, jangan asal isi.

Sampai disini jika kamu bener pemilik akun, dan melakukan persiapan seperti yang aku jelasin diatas, kamu udah akan diminta memasukkan sandi baru, aku sendiri pernah seperti ini. Langsung diminta mengisi sandi baru tanpa lanjut ke langkah2 berikutnya.

proses mengisi sandi baru dalam kegiatan reset sandi gmail yang lupa

form untuk mengisi sandi baru

#alternatif 1 : reset sandi dengan nomer hp

4. Setelah klik next di form sebelumnya, nanti akan muncul form baru #4 yang berisi pemberitahuan untuk mencek sekali lagi nomer hp, dan mengisi nomer hp yang terkait dengan akun gmail tsbt. Dilaman ini juga ada tombol “send” atau “kirim” untuk meminta kode verifikasi 6 angka dari google. Klik tombol tsbt. Akan muncul form baru.

proses meminta kode verifikasi saat melakukan reset password gmail yang lupa

masukkan nomer hp dan minta kode verifikasi dari gmail

5. Cek hp kamu dan tunggu sms dari google yang berisi kode tersebut. Di form baru #5 kamu akan diminta mengisikan kode yang kamu dapat dari google di sini. Isi kode nya lalu klik “next”/”berikutnya”.

Sampai disini, akan muncul juga laman yang meminta kamu memasukkan sandi baru. Artinya proses reset berhasil dan kamu udah bisa login dengan sandi baru tersebut. Aku sebenernya udah buatkan tulisan menyeluruh mengenai hal ini plus gambar di setiap langkahnya di laman ini : ( Cara reset sandi gmail dengan no hp)

#alternatif 2: reset sandi dengan email

Di langkah nomer 4 diatas ini, akan muncul form yang meminta nomer hp, tapi ini hanya berlaku untuk akun yang sudah pernah mengisikan nomer hpnya ke setting google. Untuk yang belum pernah, maka opsi yang muncul bisa berbeda.

Inilah yang bikin sedikit sulit untuk menjelaskan tutorial terkait hal ini. Form yang muncul di proses recovery sangat erat kaitannya dengan setting yang pernah dilakukan sebelumnya. Jadi urutan dari form pasti berbeda jika pengaturannya berbeda.

Disini aku anggap kamu tidak pernah memasukkan nomer hp, tapi pernah memasukkan email recovery/email pemulihan. Maka langkah 4 seharusnya seperti ini.

4. Di form #4 ini akan muncul opsi untuk mengisi alamat email pemulihan. Bisa seperti gambar kiri dimana kamu diminta mengisi alamat email, bisa juga seperti gambar kanan dimana kamu hanya perlu klik tombol kirim langsung. Ada alasan kenapa bisa begini, aku ga akan bahas karna akan makin panjang jadinya.

form meminta alamat email recovery dan mengirimkan kode verifikasi ke email recovery

proses meminta kode verifikasi gmail saat reset sandi akun google yang lupa

5. Setelah klik kirim, akan muncul form baru yang meminta kode dari google. Aku sebut aja form #5. Buka dulu akun email recovery kamu, cek inbox, cari email dari google, buka pesan email tsbt, lalu cari kodenya. Kembali lagi ke form #5 dan masukkan kode tersebut.

Sampai disini kamu juga udah akan diminta memasukkan sandi baru setelah mengikuti proses diatas. Sama seperti diatas, alternatif 2 ini juga udah aku jelaskan dengan gambar di setiap langkahnya dilaman ini : https://bukugue.com/lupa-sandi-gmail-reset-dengan-email-pemulihan/ (kamu bisa baca disana jika kurang mengerti dilaman ini)

#alternatif 3: menjawab pertanyaan lainnya dari google

Sama seperti sebelumnya, aku akan mulai lagi dari langkah nomer 4. Dilangkah nomer 4 diatas, jika kamu ga pernah isi nomer telpon dan email recovery, yang muncul harusnya pertanyaan terkait akun kamu. Ini bisa aja pertanyaan seperti kapan akun dibuat, dst.

Alternatih 3 ini dilakukan kalau 2 opsi alternatif diatas tidak muncul atau kamu bener2 tidak punya akses ke no hp dan email recovery sehingga kamu harus skip dua alternati sebelumnya.

4. Di form #4 ini kamu akan ditanya, kapan akun kamu dibuat. Jangan diskip, karena ini juga membantu google untuk identifikasi apakah ini benar2 pemilik akun yang sah. Jika kamu lupa kapan kamu buat akun tsbt, google juga udah berikan saran untuk hal ini dilaman https://support.google.com/accounts/answer/7299973?hl=id, dan udah aku jelaskan disini bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail/.

5. Setelah isi tanggal dan tahun dan klik berikutnya, jika kamu melakukan persiapan seperti saranku diatas, kamu juga bisa sukses. Aku pernah sukses juga (kalo ga salah inget) setelah isi data diatas dengan bener, langsung sukses dan diminta isi password baru. Intinya sih jawah semua pertanyaan yang di minta google dengan benar.

Nah dulu, ada cara reset dengan pertanyaan keamanan (security question) atau pertanyaan rahasia yang diset sebelumnya, aku sendiri dulu pernah set pertanyaan keamanan seperti ini “vehicle registration number?”. Aku juga jelaskan hal tsbt disini : https://bukugue.com/lupa-kata-sandi-gmail-dengan-jawab-pertanyaan-keamanan/

Namun saat ini hal tsbt tidak bisa lagi dilakukan. Mungkin karena memang pertanyaan keamanan tsbt mudah di tebak, atau mudah disalah gunakan, dstnya, sehingga pihak google menghilangkan metode ini dari proses recovery akun google nya. Hal ini dibahas di salah satu post di forum google ini : https://productforums.google.com/forum/#!topic/forum-bantuan-id/BCDKRQPxknU .

#alternatif 4: reset sandi dengan masuk ke hp

Cara ini muncul saat aku coba proses reset dengan akun mantan. ehm.. Aku ga niat aneh2, cuma ingin bikin tutorial paling komplit dialam semesta. Jadi aku coba semua akun yang aku pernah akses, untuk liat opsi2 apa ja sih yang muncul saat akan reset password.

Nah, dapet lah cara ini. Cara ini wajib di coba jika akun kamu masih dalam keadaan login di hp. Jadi akun kamu masih login di setting android, dan kamu lupa passwordnya, jadi ga bisa login ke perangkat lain seperti laptop ataupun di hp baru kamu. Nah cara ini bisa dilakukan untuk kasus tsbt.

Aku sendiri belum coba sampai selesai, karna ini akun mantan, ga enak mau utak-atik, dan juga memang ga bisa dilakukan dari sini. Berikut ini formnya.

Form ini muncul di langkah 4 setelah diminta password lama. Ikuti semua instruksi yang ada di form ini.  Jika ada yang kurang jelas, nanti aku coba untuk bikinkan tulisan untuk bahas hal ini. Saat ini aku ga bisa coba memang karena ga punya akses ke hp xiaomi redmi note 5a punya si doi.

#Alternatif 5 : Dengan google prompt

Cara ini juga hampir sama, muncul diawal2 sekitaran langkah 3-4. Aku juga belum jelasin dengan detail cara ini. Berikut formnya. Aku juga belum coba. Nanti kalau udah coba, akan di update lagi tulisan ini. Fyi : Google prompt sebenernya adalah alat bantu login, baca laman ini untuk lebih jelasnya.

proses reset password google dengan google prompt

google mengirimkan notifikasi ke hp secara langsung

Sebenernya masih ada alternatif lain seperti dengan google authenticator. Tapi memang semuanya harus udah di set dulu di laman setting kamu sebelumnya.


Ok, sampai disini aku udah jelaskan proses reset sandi gmail yang baik dan benar. Ada banyak sebenernya metodenya, yang jadi masalah adalah kadang pembaca tulisan ini kadang ga punya akses ke akun recovery yang ada. Ga bisa akses email pemulihan, nomer hp udah mati ato hilang. Barulah bingung ga bisa masuk.

Aku udah baca banyak kasus di forum google. Dan memang sulit banget untuk dapetin akun kembali (bahkan bisa dibilang “hampir” ga bisa dapet akun nya lagi) jika tidak ada akses ke akun recovery. Nah persiapan yang aku jelasin sebelumnya bisa membantu dalam hal ini. Jadi persiapan harus bener, dan sebisa mungkin jangan skip pertanyaan yang diminta google (kecuali memang udah ga punya akses ke opsi recovery tersebut). Jawab pertanyaan sebanyak mungkin dan “seakurat” mungkin.

Kalau gagal juga, ini link terbaik buat kamu : bukugue.com/cara-membuat-email-gmail/. Jangan lupa tinggalkan jejak dan share ke sosmed kamu jika tulisanku ini membantu kamu. Stay safe dan jauhi narkoba.

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran untuk situs ini, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

12 Responses

  1. Iwan says:

    Gimana cara nya merubah kata sandi akun mi cloud

  2. Torman swh says:

    Saya lupa kata sandi..

  3. Torman swh says:

    Bagai mana memulihkan kata sandi saya

  4. rizal ajie says:

    Yudha, mantab bro, saran “password terakhir yang kamu ingat” it’s work, skali lg mksh bro

  5. aden says:

    maaf mas tapi kalok cara mengembalikaan akun gmailnya yang hilang gimana tanpa lewat verifikasi no hp

    • yudha yudha says:

      ya dengan cara lain yg tersedia mas, untuk reset udah aada standard dari google, klo tidak terpenuhi, biasanya ga bakal dapet akunnya mas,,

  6. Yudha says:

    Misi om saya kok gagal terus ya, bisa batu saya ga om?

  7. Ronald says:

    Kalo punyaku emailnya gk lupa Tapi password lupa dan no hp dah gak ada mind
    Apa bisa diperbaiki mind

  8. Orang bingung says:

    Bang yang gua kagak bisa
    Bisa tolong benerin lagi ga buat akun google punya saya saya butuh banget tuh akun
    rizkyrifaldy.yukikasa@gmail.com
    luciferw@gmail.com
    Tolong bantu ya bang gua pusing mesti gimana lagi

  9. Yudistira mahendra pratama says:

    Lupa kata sandi gmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *