Cara mudah membuat akun email Gmail di Android

Akun email google adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh seseorang yang menggunakan ponsel android. Karena android membutuhkan akun google untuk mengakses fitur seperti play store, google drive, google maps, google+ dan lain-lain.

Google mail bisa dibuat melalui pc ataupun lewat hp android sendiri. Tapi aku sarankan membuat akun gmail lewat hp android, karena lebih praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kita dapat membuatnya pada sistem os android yang sudah disediakan dan bahkan semua hp android terbaru saat ini sudah memiliki aplikasi Gmail bawaan di dalamnya.

Kali ini aku bakal bikin tutorial cara membuat akun gmail , dengan gambar screenshot dari hpku sendiri. Jangan bingung kalau seandainya tampilannya berbeda, karena pada dasarnya cara untuk membuatnya sama, hanya berbeda peletakan menu saja.

Sebelumnya udah dijelasin cara membuat email gmail di laptop atau PC, jangan lupa baca ya.

Cara daftar dan buat akun gmail di Smartphone Android

1.Buka menu Setelan > Akun dan sinkronisasi

Setelah mengikuti langkah tersebut, maka kamu akan melihat beberapa menu pilihan. Cari menu “tambahkan akun” yang biasanya berada di bawah sendiri.

Cara membuat akun gmail lewat hp android, cara membuat akun gmail mudah, tutorial membuat akun gmail lewat hp

2. Pilih menu google

Setelah itu, pilihlah menu google untuk membuat akun google mail tersebut.

3. Pilih buat akun baru

Setelah itu kamu bakal melihat tampilan seperti di bawah ini. Berhubung kita memiliki tujuan untuk membuat akun gmail baru, maka kamu harus memilih “atau buat akun baru”.

cara membuat akun gmail lewat hp

Yudha note : Di laman diatas, kamu bisa login jika sudah pernah membuat akun gmail sebelumnya.

4. Isi nama yang kamu inginkan

Silahkan kamu isi dengan nama depan dan nama belakang yang kamu inginkan. Lalu tekan berikutnya.

cara membuat akun gmail lewat hp

Yudha note : Yang di isi disini adalah nama asli loh ya, bukan username.

5. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin

Setelah itu, kamu harus mengisi formulir yang berisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Dengan format tanggal, bulan, tahun dan kemudian jenis kelamin. Jika sudah, tekan berikutnya lagi.

cara membuat akun gmail lewat hp, tutorial membuat akun gmail lewat hp

Yudha note : Pastikan data yang di isi sudah benar. Jangan sembarangan isi.

6. Isi nama pengguna/email yang kamu inginkan

Di menu ini, kamu perlu mengisi email atau nama pengguna yang kamu inginkan dengan menggunakan hanya A-Z, a-z, dan 0-9.

cara membuat akun gmail lewat hp, tutorial membuat akun gmail lewat hp

Disini kamu tidak boleh memakai spasi. Dan jika nama penguna yang kamu masukkan sudah terpakai, maka kamu harus mencari nama lain atau dapat memilih nama yang disarankan oleh google. Lalu tekan berikutnya.

Yudha note : Disini barulah di isi dengan username, contohnya bisa dilihat digambar. Usahakan membuat username yang mudah di ingat dan mencerminkan “kamu”. Kalau nama kamu adalah “budi utomo”, gunakan nama tersebut dalam username, contohnya “mrbudiutomo@gmail.com” atau “budiutomo@gmail.com”, atau mungkin “1budiutomo@gmail.com”

Ingat, email saat ini ga cuma dipake untuk keperluan personal, tapi juga keperluan bisnis, mungkin saat ini kamu ga kepikiran pakai email untuk bisnis, tapi ga tertutup kemungkinan dimasa depan, iya kan ?

Kamu bakal nyesal, kalau misalnya nanti mau pake email untuk bisnis/pekerjaan, tapi usernamenya “budicayankcinta@gmail.com” atau bhoediecuayaankcyinta@gmail.com. Serius deh, jangan lebai dan malu-maluin keluarga.

7. Buat sandi

Buatlah sandi atau password akun mu serumit mungkin agar tidak mudah diketahui oleh orang disekitarmu, dengan menggunakan campuran huruf, angka, dan simbol. Tekan berikutnya lagi.

cara membuat akun gmail lewat hp, tutorial membuat akun gmail lewat hp

Yudha note : Jangan pake tanggal lahir, jangan pake tanggal lahir yang di balik, jangan pake kombinasi huruf dan angka tanggal lahir, mudah banget di tebak.

Kalau kamu tipe pelupa, jangan lupa untuk catet passwordnya, dan simpen di tempat yang kamu ga mungkin lupa.

8. Isi nomor telepon

Isilah nomor telepon mu yang “aktif”, karena ini berguna untuk menverifikasi bahwa itu benar kamu dan agar dapat mengikuti langkah selanjutnya.

cara membuat akun gmail lewat hp, tutorial membuat akun gmail lewat hp

Yudha note : Ini penting banget, penting banget. Karena nomer HP digunakan untuk reset sandi saat kamu lupa sandi akun gmail kamu. Jadi pastiin untuk pakai nomer yg “penting”, bukan nomer hp yang ganti tiap berapa bulan sekali.

Kamu bisa baca ditulisanku mengenai cara reset sandi, dan lihat bagian komentar, bnyak banget yang ga bisa reset karna hal ini, dan akhirnya ga bisa login.

9. Baca privasi dan persyaratan

Setelah itu kamu harus menyetujui privasi dan persyaratan yang di tentukan oleh pihak google. Setelah itu tekan saya setuju.

10. Pembuatan akun mu sudah selesai

Akun mu sudah selesai dibuat dan sudah dilengkapi oleh akses ke semua layanan Google seperti Play Store, Gmail, Google Maps, Youtube, dan Google Drive.

cara membuat akun gmail lewat hp, tutorial membuat akun gmail lewat hp

11. Info pembayaran

Setelah akun mu selesai dibuat, kamu harus memililh informasi untuk melakukan transaksi pembayaran jika melakukan pembelian. Jika tidak ada, pilih Lain kali. Dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

12.Masuk ke aplikasi gmail

Setelah mengikuti semua langkah tadi, masuklah ke aplikasi Gmail yang ada di hp mu. Kemudian aka ada email dari Tim Google yang berisi tentang notifikasi bahwa akun mu sudah siap dipakai.

13. Selamat! Akun mu sudah selesai dibuat dan siap untuk dipakai

Setelah mengikuti semua langkah-langkah yang sudah aku jelaskan di atas, maka kamu sudah berhasil membuat akun gmail lewat hp. Akun tersebut juga sudah siap dipakai di Play Store yang digunakan untuk mendownload berbagai aplikasi gratis dan prabayar dari google.

B. Bagaimana kalau gagal saat kamu buat email Gmail ?

Yudha note :

Kalau gagal, itu pasti ada alasannya. Ada beberapa hal yang mungkin bisa bikin kamu gagal daftar gmail. Aku udah bahas lebih lengkap mengenai hal ini dilaman ini https://bukugue.com/cara-membuat-email-gmail.

Aku akan mention secara singkat disini, biasanya gagal bisa disebabkan oleh penggunaan “username” atau “alamat email” yang udah di daftarkan oleh orang lain.

Bisa juga gagal karna “Umur” masih terlalu muda, Ada batasan minimal 13 tahun untuk bisa bikin email google, dan tidak menutup kemungkinan akan ada batasan2 lainnya yang aku sendiri belum pernah encountered.

Sekian langkah-langkah membuat gmail lewat hp sudah selesai. Semoga artikel yang aku buat ini bermanfaat buat kamu yang membutuhkan informasi ini. Silahkan berkomentar di bawah ini jika ada yang ditanyakan.

maulidzaks

Aku maulid, paling suka nulis artikel yang berhubungan sama teknologi. Semoga tulisan ku bermanfaat buat kalian semua... Kalo ada kritik saran, komentar di bawah ini yaa..

4 Responses

  1. ervin says:

    bro akun goole yang lain ga bisa di buka..email sya masi ingat tapi sandi sya.lupa pasbl sya mau reset nmr hp yang sya pke daftar juga sdah tidak ada bru kode verifikasinya di kirm di.nmr itu..n sya.

  2. ki prana purba jaya says:

    tidak dapat membuka akun facebook yang lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *