Cara membuat email Gmail baru untuk pemula

Cara buat email gmail terbaru versi bukugue – Email saat ini bener-bener sangat penting, hampir semua akun didunia internet terkait langsung dengan akun email.

Bagi kamu yang masih belum punya email, disini akan aku jelaskan cara membuat email dengan singkat dan jelas, aku akan bagi penjelasannya menjadi dua bagian.

  1. Cara cepat buat akun email gmail (Bagian ini berisi cara singkat, tanpa gambar, hanya step-by-step yang bisa langsung di ikuti, jadi klo kamu butuh cepat, baca bagian ini aja).
  2. Penjelasan lengkap buat akun email secara detail (Bagian ini menjelaskan dengan lebih detail, dilengkapi dengan gambar, dan penjelasan detail di tiap langkahnya, cocok untuk pemula yang bener2 ga paham mengenai email)
  3. Cara mengguanakan email gmail (Bagian ini berisi cara penggunaan email serta link penting ke halaman terkait penggunaan email)
  4. Gagal buat email gmail
  5. Kelebihan email gmail dibandingkan email lainnya

Ok, aku akan langsung mulai dari bagian 1, kamu bisa skip dengan scroll terus kebagian bawas

A. Cara cepat buat email gmail

Email yang akan kita gunakan disini adalah email gmail. Kenapa Gmail ? panjang kalo harus jelasin di awal, kalo kamu penasaran, bisa baca artikel ini dengan lengkap, aku jelasin dibawah nanti. Untuk sekarang kita masuk ke pokok permasalahan.

1. Pertama, buka laman pendaftaran email gmail disini https://accounts.google.com/signup

2. Siapkan data diri kamu, seperti nama, nomer handphone, dll

3. Isi data diri kamu yang diminta, dilaman pertama biasanya cuma diminta nama lengkap, lalu nama akun emal yang kamu inginkan), lalu klik “selanjutnya”, nanti akan muncul laman baru yang masih meminta data diri kamu seperti “jenis kelamin”, tempat tanggal lahir, nomer hp, dll.

4.Ikuti semua prosesnya, isi data, lalu next, isi dan next, sampai sukses.

5. Setelah sukses, kamu bisa akses inbox gmail kamu disini https://mail.google.com/mail/u/0/

Jadi intinya sih untuk buat akun email gmail, kamu cukup masuk kelaman sign-up diatas, lalu isi semua data yang diminta, dan selesai. Dibawah ini aku akan jelaskan dengan gambar untuk kamu yang masih belum mengerti.

B. Cara buat email gmail lengkap dan detail dilengkapi penjelasan dengan gambar

Cara yang akan aku jelasin dibawah ini, adalah cara buat email gmail lewat browser chrome, jadi bisa dipake di komputer, laptop, tablet, bahkan hp ato smartphone. Yang penting buka lewat browser.

Pertama sekali yang harus kamu lakukan, buka browser chrome kamu, bisa juga browser lain seperti uc browser, opera, safari dll. Tapi aku sarankan menggunakan chrome. Karena ini browser buatan google, aku sendiri lebih percaya browser chrome jika harus save/simpan password akun dll. Selain itu kamu bisa sync antara hp dan laptop, sehingga bookmark, history dan saved password bisa sama antara hp dan laptop kamu.

ok, Langsung aja, kalau udah buka browser. Masuk ke langkah 1 berikut ini.

1. Klik dan buka url ini https://accounts.google.com/signup

Klik aja url diatas, nanti akan muncul tampilan laman seperti dibawah ini.

Kalau kamu dapet form dalam bahasa inggris, silahkan ubah ke bahasa indonesia, atau bahasa malaysia, atau bahasa apapun yang kamu mudah mengerti. Liat gambar dibawah untuk instruksi ubah bahasa nya.

2. Isi Nama depan, Nama belakang, Nama pengguna/username, dan Password

Kalau bahasa udah di setting dengan bener, barulah kita mulai mengisi form ini, berikut contoh pengisian dan penjelasan nya. Aku kebetulan sambil buatkan email untuk adek ku, jadi data yang di isi benar2 real dan serius.

Ada 3 data yang diminta dilaman ini, pertama nama, kedua username yang ingin digunakan, dan password yang ingin digunakan untuk akun tsbt.

  • Nama, ini di isi dengan nama kamu sesuai dengan kartu identitas, di beberapa negara di eropa dan amerika, nama sendiri biasanya dimulai dengan nama keluarga untuk first name, dan ada middle name serta last name. DI indonesia sendiri kita ga mengadopsi sistem nama tersebut, biasanya first name di isi dengan kata pertama dinama kamu, dan last name di isi dengan sisanya.
  • Nama pengguna, ini bisa di isi sesuai kemauan kamu, atau bisa pilih “suggestion” oleh system, nama pengguna sendiri tidak bisa sama antara kamu dan orang lain. sehingga sering kali username yang ingin digunakan sudah dipilih oleh orang lain.

Contoh username : Dheacantik@gmail.com atau dheaameliakeren@gmail.com atau princessdhea@gmail.com atau redscarfbeauty@gmail.com . Jadi username itu bebas banget, bisa terkait sama nama, ataupun ga ada kaitannya sama sekali. Yang penting, usernamenya belum dipakai sama pengguna gmail lain.

  • Sandi, ini juga terserah kamu. Bebas isinya, dan semakin “random” semakin bagus. Jangan isi sandi dengan tanggal lahir, atau tanggal lahir dibalik, ini bakal mudah di tebak. Contoh sandi yang bagus : k4l3m4j4b0sku. Kata sandi tsbt berisi kombinasi angka dan huruf, akan lebih bagus lagi kalau lebih random.

Setelah isi form nya, klik “Selanjutnya”. Nanti akan muncul laman baru.

3. Isi nomer hp, alamat email pemulihan, tanggal lahir dan jenis kelamin.

Nomer hp dan email pemulihan ini berfungsi untuk keamanan akun, kamu bisa menerima laporan aktifitas mencurigakan dari system, kamu juga bisa gunakan no hp dan email pemulihan tsbt untuk reset kata sandi akun kamu.

Jadi jika suatu saat kamu lupa kata sandi, kode verifikasi akan dikirimkan ke no hp ataupun email ini. Jadi pastikan no hp yang digunakan adalah no hp aktif, dan bukan nomer yang sekali pake buang klo kuota habis. Pastikan juga email pemulihan yang dipakai adalah email pemulihan milik kamu ataupun milik keluarga dekat. Karena email ini juga bisa digunakan untuk reset dan dapatkan password baru untuk akun kamu.

Jangan lupa isi juga tanggal lahir dan jenis kelamin. Untuk jenis kelamin, kamu bisa pilih “tidak ingin memberi tahu” jika ingin merahasiakan jenis gender kamu.

Jika sudah isi semua, klik “selanjutnya”

4. Verifikasikan no handphone kamu. (Sebaiknya lakukan untuk alasan keamanan akun)

Langkah ini bisa di “skip” sbenernya, tapi aku sarankan tetap dilakukan, dari pada di tunda2 nanti2, akhirnya pas butuh barulah kesusahan, karna nomer yang belum diverifikasi, biasanya ga bisa dipakai untuk reset password yang lupa.

Klik tombol kirim, untuk mengirimkan kode ke nomer hp kamu. Lalu akan muncul laman baru seperti dibawah ini.

Cek hp kamu, liat sms dari google yang berisi kode tsbt. Lalu catet kodenya.

Balik lagi kehalaman tadi, masukkan kodenya. Lalu tekan tombol verifikasi.

6. Baca dan Setujui “privasi dan persyaratannya”.

Scroll aja sampai paling bawah untuk cari tombol “Saya setuju”. Kalau sempat, silahkan baca syarat dan ketentuannya, kalo engga, langsung aja scroll kebawah, cari dan klik tombol “Saya setuju” tersebut.

7. Selesai, akun email gmail kamu sudah jadi

Setelah sampai disini biasanya proses pendaftaran akun google baru udah selesai dilakukan. Nanti akan muncul laman setting akun google kamu seperti tampilan dibawah ini.

ok. Kamu udh bisa upload video di youtube, kirim kirim email di gmail, bikin blog baru di blogger.com, download aplikasi di google play store, dan masih banyak lagi.

C. Cara membuka inbox gmail kamu dan menggunakan akun email tsbt.

Seperti yang aku mention sebelumnya, aku tulis artikel ini untuk pemula. Jadi disini, aku asumsikan, pembaca bener2 pemula dan ga tau apa2 mengenai email.

Setelah kamu sukses buat akun email seperti diaatas, kamu bisa buka inbox gmail kamu dengan cara klik url berikut ini https://mail.google.com/mail/u/0/

Nanti akan keliatan tampilan inbox seperti dibawah ini. Kebetulan inbox ku udah banyak isinya, jadi aku sensor aja..haha…

Untuk cara menulis dan kirim2 email, aku juga udah jelaskan panjang lebar di artikelku yang lain, kamu bisa baca aja diartikel artikel ini :

  • Cara menulis email formal yang baik dan benar (disini dijelaskan dasar2 penulisan email, seperti apa itu subject, cc, , salam pembuka, dan cara penulisan email paling dasar, selain itu juga dijelaskan apa2 saja yang perlu diperhatikan saat menulis email untuk keperluan formal, susunan kalimatnya, pembukanya, dll. Setelah baca ini dijamin kamu bisa kirim email dgn bener)
  • Cara mengirim file lampiran lewat gmail ( Disini dijelaskan cara melampirkan file di gmail, seperti yang kamu tau, kamu bisa melampirkan foto, video, dokumen, file zip, dll melalui gmail, sekali lagi aku ingatkan, ini untuk pemula, jika kamu merasa pemula, ini salah satu artikel yang wajib kamu baca.
  • Cara mengirim file lampiran berukuran besar ( Ada batasan ukuran saat kirim lampiran di email, disini dijelaskan cara mengirim file berukuran besar (game misalnya, video berdurasi panjang, dll) melalui email, wajib dibaca juga untuk pemula)
  • Cara membuat tanda tangan atau signature di gmail (Kalau kamu sering dapet email formal, biasanya kamu akan sering menemukan signature di email tsbt, ini juga bacaan untuk pemula, disini dijelasin lengkap, apa itu signature, kapan harus dipakai, dan bagaimana cara settingnya)

Ok, itu tadi 4 artikel terkait yang bisa kamu baca kalau kamu bener2 baru dalam dunia per”email”an. Jangan lupa berikan pertanyaan di kolom komentar, terkait hal-hal yang masih belum dibahas dan hal-hal yang bikin kamu bingung. Nanti aku buatkan artikel penjelasannya.

D. Bagaimana kalau gagal saat mencoba buat akun google mail ?

Aku, dulu (16/09/2015 ), pernah coba buat akun Gmail baru dengan data adek ku yang paling kecil, dan gagal. Gagalnya karna ternyata google termasuk salah satu web yang ketat dalam hal perlindungan anak, jadi ada minimal usia 13 tahun untuk bisa membuat akun Gmail.

Aku juga pernah dapat pertanyaan pembaca di blog ku , dia gagal bikinin akun facebook buat anaknya yang masih kecil gitu. Aku rasa ini kasus yang sama, perlindungan anak, artinya ada usia minimal sebelum bisa membuat akun di situs tertentu. Walaupun orang tua kandungnya sendiri yang bikinin akun tersebut.

Logikanya sih, anak bayi atau balita, ga akan butuh akun Gmail. Iya kan ?

Ingat kalau gagal, artinya ada yang salah, entah itu kamu salah masukin tahun lahir, atau karna kamu sudah punya akun sebelumnya, beberapa situs hanya membolehkan satu akun perorang.

Biasanya kalau gagal akan dikasih tau alasan gagalnya, seperti kasus ku diatas.

Jadi kalau gagal, coba lagi , perbaiki data yang dimasukkan, kalau masih gagal juga ambil screenshootnya terus komentar dibawah ini, nanti aku coba bantuin deh. Aku kan baik orangnya 😳

E. Beberapa kelebihan akun Gmail dibandingkan akun email lainnya

Seperti janji ku sebelumnya diatas, disini aku akan jelaskan kelebihan akun gmail dibandingkan dengan akun email lainnya. Seperti yang kita tau, ada banyak banget penyedia layanan email diluar sana. Ada microsoft dengan email outlook nya, ada yahoo dengan ymail nya, ada banyak lagi yang aku pun ga tau.

Kelebihan akun Gmail adalah satu akun email Gmail ini terkait dengan semua produk google lainnya. Aku juga udah mention diatas mengenai hal ini. Keliatan nya sepele, tapi sebenarnya ini merupakan hal penting menurutku.

Berapa banyak orang di indonesia yang pakai smartphone android ? Ada banyak banget kan. Di android sendiri kalau mau download aplikasi bisa lewat google play store, untuk login ke google play store kamu akan butuh akun google mail, ga bisa pake email yahoo, outlook, dll.

Akun Gmail juga terkait ke youtube, (youtube adalah salah satu situs video sharing terbesar di dunia saat ini), jadi untuk login ke youtube (upload video, komentar, dll) pun kamu harus punya akun Gmail.

Selain itu kamu juga terhubung ke situs file sharing yaitu google drive,

Untuk blogger dan heavy internet user, akun Gmail terkait dengan blogger, google webmaster, google developer, google adword, dll. Ada banyak produk google yang aku tau (dan yang aku ga tau), dan semua nya bisa di akses dengan satu akun google tadi.

Jadi akun google sih untuk sekarang merupakan keharusan buat pengguna internet. Oke segitu aja deh, kalau ada yang ingin ditanyakan seputar cara membuat email Gmail, komentar juga ya dibawah ini.

Topik: Email
yudha :[Admin, editor, sekaligus penulis di blog ini]___[Kalau kamu merasa terbantu dengan tulisan2 yang ada disini, jangan males untuk klik tombol SHARE/BAGIKAN. It mean a lot for me, and this website. Matur tengkyu....]

Lihat komentar (147)

1 2 3