Cara mudah mematikan video AutoPlay di Instagram

Hai sahabat bukugue.com, Instagram mungkin menjadi salah satu sosmed favorit kalian saat ini dari sekian banyak sosial media diluar sana. Instagram memiliki segudang kegunaan selain dari memamerkan foto saja, tetapi juga dapat digunakan untuk sumber penghasilan (sebagai influencer) ataupun bisnis, tapi kali ini bukan itu yang akan kita bahas, kali ini kita akan membahas tentang fitur autoplay yang ada di Instagram.

Autoplay sendiri adalah fitur yang berfungsi memutar video Instagram secara otomatis tanpa harus mengklik video tersebut.

Fitur ini menurut saya sangat menguras kuota saat instagram-an, ya menguras kuota, bagi kita seorang pelajar (yang belum punya penghasilan sendiri), hemat kuota adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan mematikan fitur autoplay video dapat meringankan penggunaan kuota pada android kalian.

Nah kali ini saya akan mengajarkan kepada kalian bagimana caranya agar kalian bisa mematikan fitur autoplay pada Instagram kalian. Ok langsung saja ke caranya dibawah ini. Ada dua cara yang bisa diambil, dan keduanya punya kelebihannya masing-masing.

Cara mematikan autoplay Instagram lewat aplikasi instagram

Cara yang pertama kalian bisa menggunakan aplikasi instagramnya langsung, bisa juga lewat browser sebenernya, tapi disini saya contohkan lewat aplikasi. Buat yang akses instagram versi web, silahkan menyesuaikan sendiri.

1. Silakan kalian masuk ke aplikasi Instagram kalian, lalu kalian tap garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.

Masuk ke icon garis tiga

2. Pilih dan masuk ke menu “pengaturan“.

Masuk ke bagian pengaturan

3. Pilih menu “Akun“.

Masuk ke icon akun

4. Pilih menu “Penggunaan data seluler“.

Masuk ke penggunaan data seluler

5. Aktifkan fitur “Gunakan lebih sedikit data” atau “Use less data”

Setelah tadi kalian masuk ke penggunaan data seluler, maka kalian akan di bawa ke halaman seperti ini agar kalian bisa mematikan autoplay videonya kalian ceklis/aktifkan menu yang bertuliskan gunakan lebih sedikit data.

6. Nah jika sudah di aktifkan maka secara otomatis autoplaynya sudah tidak berfungsi lagi.

Sebenarnya langkah mematikan autoplay ini merupakan salah satu langkah yang dibahas dalam tulisan “cara menghemat kuota instagram“, kalian bisa baca disana untuk tips lebih lanjut seputar hal ini.

Cara mematikan autoplay Instagram dengan pengaturan jaringan

Jika cara yang pertama tadi kalian menggunakan pengaturan dari instagramnya sendiri, dicara yang kedua ini, yang perlu kalian lakukan adalah pengaturan jaringan di ponsel kalian.

Dengan menurunkan tingkat jaringan yang kalian miliki misalkan jika sekarang di hp kalian menggunakan jaringan 4G, maka untuk memperlambat loadingnya video secara otomatis, kalian bisa menurunkannya menjadi 3G.

Untuk yang satu ini biasanya di setiap hp android pengaturannya berbeda makanya kalian bisa cari caranya sesuai dengan merk hp kalian.


Nah itulah dua cara yang bisa kalian gunakan untuk mematikan autoplay pada Instagram kalian. Jika kalian sudah berhasil mematikannya, maka tampilan yang ada di intagram kalian seperti gambar di bawah ini. Jika kalian ingin memutar video yang kalian ingin tonton, maka kalian harus mengklik icon putar yang biasanya ada di video itu sendiri.

Harus di klik terlebih dahulu agar bisa di putar

Nah saya rasa sudah cukup lengkap tutorial yang saya berikan kali ini, semoga bermanfaat. Ok sekian dari saya, jangan lupa share tutorial ini agar teman-teman kalian pada tau ya hehehe.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan