Cara reset sandi facebook dengan email pemulihan

Pagi semua, seperti biasa, aku ga peduli kamu bacanya kapan. Aku hanya ingin bilang selamat pagi untuk kamu. Iya kamu..

Aku sebelumnya udah jelasin bagaimana reset sandi facebook dengan nomer hp, sebaiknya kamu coba cek dulu tulisan tsbt, karna ada beberapa hal yang udh aku jelasin disana dan ga akan aku ulang lagi disini.

Ada banyak banget komentar, dan banyak banget komentar yang sama, dan aku ga tau harus gimana. Sebagian besar minta bantuan untuk reset password, sementara nomer hp hilang atau ga aktif, ditambah lagi ga ada email. Kalau udah gini susah banget harusnya untuk dapetin akun kamu kembali.

Kali ini aku akan jelasin cara reset sandi fb dengan menggunakan email. Alamat email yang dimaksud disini adalah alamat email seperti Yahoo mail / ymail , gmail, outlook, dll.

Ada pernah salah satu pembaca yang saat itu nelpon dan sms aku, minta bantuan untuk reset fb. Dan dia kasih email beralamatkan @facebook.com , jadi emailnya seperti ini kira2 “Namakucantik@facebook.com”.

Perlu aku tekankan disini, (SETAUKU), email ini ga bisa dipake buat reset. Email seperti diatas adalah email yang didapet otomatis terkait akun facebook kamu. Jadi jika ada yang kirim pesan ke email tsbt, akan masuk ke inbox email kamu. Dan feature email facebook ini sudah di hentikan oleh pihak facebook.

Berikut aku kutip dari wikipedia

Users can create their own “username@facebook.com” email address to communicate, use text messaging, or through the Facebook website or mobile app’s instant messaging chat. All messages are contained within single threads in a unified inbox. The email service was terminated in February 2014 because of low uptake.

Email yang bisa dipakai untuk reset facebook, adalah email yang udah terdaftar di pengaturan akun kamu. Selain itu, kamu juga harus punya akses ke inbox akun email tersebut.

Jika syarat diatas terpenuhi, barulah kamu bisa ikutin cara dibawah ini untuk reset kata sandi akun facebook kamu.

Cara reset kata sandi facebook dengan Email

Pertama, buka laman ini : facebook.com/login/identify

Nanti akan keliatan tampilan laman seperti dibawah ini. Cari akun kamu dengan masukkan alamat email kedalam kolom pencarian.

Seperti yang sudah aku jelasin di tulisanku sebelumnya, jangan gunakan nama pengguna atau nama lengkap untuk mencari akun kamu. Gunakan alamat email langsung untuk mencari akunmu. Alasannya udah aku jelasin di tulisanku sebelumnya.

Setelah memasukkan email dan klik tombol “cari”, nanti akan muncul laman seperti dibawah ini.

Kamu bisa liat digambar dibawah, muncul tiga pilihan. Untuk sekarang yang kita perlukan adalah pilihan kedua “Kirimi saya tautan untuk mengatur kata sandi”

Tampilan laman dibawah bisa aja beda dengan tampilan saat kamu coba reset nanti, karna bisa aja akun kamu tidak terkait dengan nomer hp sehingga pilihan ketiga tidak keliatan. Dan untuk pilihan pertama kemungkinan besar bakal muncul kalau kamu mencari akun mu dengan alamat email.

Kalau kamu mencari dengan nama pengguna, pilihan pertama tidak akan muncul.

 

Perhatikan kotak merah digambar diatas, aku menggunakan browser dan perangkat pc yang biasa digunakan untuk login ke akun ini, sehingga akan keliatan foto profil. Kalau kamu coba reset diwarnet, kemungkinan foto profil ga bakal muncul.

Selain itu, reset melalui perangkat yang biasa digunakan untuk login memberi nilai plus. Jadi usahakan untuk reset nya melalui perangkat yang dikenal.

Setelah klik “Lanjutkan”, harusnya muncul laman seperti dibawah ini.

 

Biarin dulu laman tersebut. Dan cari kode nya di dalam inbox email kamu.

# Buka tab baru di browser kamu lalu cek inbox email tersebut

Ini tampilan akun email ku, di paling atas keliatan pesan dari Facebook.

Kalau ga muncul, coba tunggu beberapa menit, lalu refresh/reload inbox email kamu, kalau masih belum ada, cek kotak JUnk atau SPAM. Kalau masih ga ada juga, ulang proses reset dari awal, pakai perangkat yang dikenal untuk proses reset dan jangan lupa pakai “alamat email” saat mencari akunmu.

Buka pesan dari Facebook tersebut dan cari kode 6 angka didalamnya.Kodenya aku sensor di contoh ini, karena ada kemungkinan bisa dipakai untuk curi akunku. Aku juga sensor alamat email, tapi kalau pembaca jeli, mereka bisa dengan gampang nemuin akun emailku, makanya aku sensor juga kodenya.

FYI : aku sensor informasi seperti ini bukan tanpa alasan loh ya mas bro dan mba sis :D. Akun Facebook dan email ku hampir tiap hari dijadiin target reset oleh pembaca, hampir tiap hari masuk kode 6 angka dari google dan facebook di hp ku. Akhirnya aku putuskan untuk menulis ulang semua artikel lalu menyensor informasi penting seperti nomor hp dan alamat email.

#Balik lagi ke tab sebelumnya untuk mengisikan kode

Masukkan kode yang di dapat di email kedalam kolom yang diminta

 

Setelah klik tombol “Lanjutkan”, akan muncul laman untuk mengisi kata sandi baru.

Isi kata sandi sesuai dengan syarat dari facebook, dan usahakan kekuatan sandi minimal “Sedang”, kalau bisa “Kuat”, ini untuk mencegah Hack dan pembajakan akun kedepannya.

Sandi bisa diisi dengan huruf besar dan kecil serta kombinasi angka dan huruf.

 

Kalau udah yakin sama sandi yang baru, klik tombol “Lanjutkan”.

Setelah itu akan muncul laman seperti dibawah ini. Ini artinya proses reset sandi facebook sudah selesai dilakukan.

Jangan lupa pilih “keluar dari perangkat lain?” untuk keamanan akun kamu.

 

Sampai disini semua proses udah selesai, setelah klik “lanjutkan”, kamu akan dibawa keberanda. Kamu udah bisa login di perangkat lain dengan menggunakan password baru tersebut.

Cara reset kata sandi facebook tanpa nomor HP dan Email

Cara ketiga ini udah aku coba, memang bisa melakukan reset password tanpa nomor HP dan email. Waktu itu masih ada cara reset email dengan cara minta bantuan teman. Kamu bisa minta bantuan 3 orang teman yang kamu percaya untuk dapetin kode reset dari facebook.

Metode ini juga udah di hapus kan setauku, jadi udah ga bisa lagi. Aku juga sempat baca, kalau metode ini bisa asalkan udah setting 3 orang terpercaya di pengaturan. Dan ga bisa dipakai seperti sebelumnya.

Cara berikutnya adalah dilakukan dengan verifikasi identitas, menggunakan KTP atau SIM, atau kartu pelajar, ataupun kartu identitas lainnya. Aku sendiri ga nyoba sampe selesai cara ini, karna nanti akunku malah ga bisa diakses, selama proses verifikasi dilakukan. [ ada ketentuan yang menjelaskan proses memakan waktu tertentu, dan selama mereka memverifikasi data, akun tidak bisa di akses ]

Lagi, lagi aku liat cara ini ga bisa di akses semua akun. Akun ku pernah bisa coba cara ini, lalu aku cancel, tapi setelah itu coba lagi, udah ga bisa.

Aku mungkin ga akan ngejelasin part 3 ini dalam waktu dekat, kecuali ada perubahan dari sistem facebook, atau mungkin setelah aku bikin akun facebook baru untuk testing cara ketiga ini. Jadi dalam waktu dekat sih mungkin belum akan aku tulis.

Kalau kamu penasaran, bisa ubek2 facebook help center untuk mengetahui hal ini.

Kalau ada yang ingin ditanyakan mengenai masalah lupa kata sandi facebook, silahkan komentar dibawah ini. Thanks udah baca, dan kalau bisa share tulisan ini y.

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran untuk situs ini, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

201 Responses

  1. Aby dobleh says:

    Saya lupa kata sandi saya mas, dan nomer yg tercantum di FB pun sudah hilang.. tlng d bantu ya mas.

  2. Herlee says:

    Cara reset kata sandi FB menggunakan hp android gimana mas
    Soalnya salah trs kata sandinya setiap masuk, pdhal TDK pernah saya ganti

  3. Boenzy says:

    kalau kita memakai lupa kata sandi untuk masuk masenger atau facebook apakah bisa? ” TANPA MERUBAH KATA SANDI YANG SUDAH ADA “

  4. Indra says:

    Bang boleh saya minta tolong bukain fb saya yg lupa kata sandi. Emailnya * bogedboys@gmail.com
    Pliss bantuin aku bang..
    Terimakasih

    • yudha yudha says:

      aku cma bisa bantu jelasin disini mas, semua cara reset sebaiknya dilakukan olh pemilik akun, kalau masih ada emailnya, tinggal ikutin instruksinya mas…

  5. Mmh erica says:

    Gimana cara hak fb sy karna di pake org ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *