Cara reset kata sandi gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan

Untuk mereset ulang sandi gmail yang lupa sebenernya sangat mudah kalau ada akses ke salah satu opsi recovery yang tersedia. Entah itu akses ke nomor HP recovery ataupun alamat email pemulihan (recovery email address).

Untuk melakukan reset sandi dengan nomer HP dan reset sandi dengan email pemulihan, kamu bisa baca tulisanku sebelumnya. Aku udah jelasin semuanya dengan lengkap dan detail disana. Klik aja link diatas untuk menuju ke tulisan ku tsbt.

Jangan lupa untuk baca tulisan reset sandi dengan nomer HP, disana aku jelasin hal-hal terkait reset sandi gmail dengan detail. Aku juga cantumin jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyain pengunjung disana. Dibagian FAQ (frequently asked question).

Jadi sebelum kamu komentar panjang lebar, cek dulu bagian FAQ diartikel tsbt, dan cek juga komentar-komentar yang ada di artikel ini. Karna sering banget, pertanyaan yang sma di tanyain berulang kali.

Catatan penting: Sebaiknya reset password dilakukan melalui device dimana email terakhir kali login (digunakan). Misalnya kamu biasa pakai smartphone Android dan browser mozilla atau chrome untuk login ke akun gmailmu, gunain browser dan device yang sama untuk ngelakuin proses reset dibawah ini.

Ini penting banget untuk cara dibawah ini, karna ini dapat membantu kamu membuktikan ke system google bahwa kamu bener-bener pemilik sah akun tsbt.

Walaupun sifatnya ga wajib, tapi dibeberapa kasus bisa membantu. Dan google juga menyarankan dan menyebutkan secara jelas, bahwa reset sandi sebaiknya dilakukan di perangkat yang pernah digunakan sebelumnya.

Cara terakhir untuk atasi masalah lupa sandi gmail adalah reset sandi dengan menjawab pertanyaan keamanan

Cara ketiga ini adalah cara menyetel ulang sandi gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan. Cara ini hanya dilakukan kalau nomor hp dan email pemulihan tidak bisa di akses.

Yang harus kamu lakukan adalah :

1. Buka laman ini : accounts.google.com/signin/recovery?hl=in

Nanti akan keliatan tampilan laman seperti dibawah ini. Pastikan setting dalam bahasa indonesia, agar lebih mudah dimengerti. lupa-kata-sandi-gmail-reset-dengan-menjawab-pertanyaan-keamanan-1

2 . Masukkan alamat email kedalam kolom yang tersedia, lalu klik “Berikutnya” . Setelah itu akan muncul laman baru seperti dibawah ini.

Di laman ini kamu diminta memasukkan password lama. Isikan password lama yang kamu ingat kedalam kolom yang tersedia, lalu Klik tombol “Berikutnya”.

Kalau kamu baca tulisanku yang dua part sebelumnya, aku selalu skip bagian ini. Karna memang di dua part sebelumnya, tidak perlu nebak dan coba ingat2 password lama, ga akan ada pengaruhnya.

Beda dengan sekarang, kamu perlu jawab pertanyaan keamanan nantinya, langkah ini memiliki point plus jika kamu isi dengan benar.

Jadi jangan di skip langkah ini.

lupa sandi gmail reset dengan menjawab pertanyaan keamanan

 

3. Setelah Klik tombol “Berikutnya”, akan muncul laman baru seperti dibawah ini. Skip semua laman dibawah ini dengan cara mengklik link “Coba pertanyaan yang lain”.

Laman dibawah ini adalah untuk reset dengan no hp dan email, jadi di skip, karena kamu tidak punya akses ke no hp atau email.

skip langkah ini saat coba reset sandi gmail yang lupaskip juga langkah ini saat coba reset sandi gmail yang lupa

Skip semua laman yang ada sampai kamu ketemu laman dibawah ini. Laman dibawah ini adalah laman yang meminta kamu menjawab pertanyaan keamanan.

4. Skip semua laman sampai ketemu laman yang meminta kamu untuk jawab pertanyaan keamanan.

jawab pertanyaan keamanan (lupa kata sandi gmail)

Di contoh ini, pertanyaan keamanan yang pernah aku set di setting sebelumnya adalah “vehicle registration number?

Pertanyaan keamanan kamu bisa aja beda, tergantung pertanyaan keamanan yang pernah kamu tentukan sebelumnya.

5. Isi jawaban dari pertanyaan keamanan, seperti yang aku contoh kan dibawah ini, lalu klik tombol “Berikutnya”

jawab pertanyaan keamanan dengan benar (lupa password gmail)

Jadi jawaban nya tergantung sama “pertanyaan keamanan” dan juga “jawaban yang pernah kamu set sebelumnya”. Disini pertanyaan keamanan ku adalah “vehicle registration number” atau bahasa indonesianya ” nomer registrasi kendaraan”, aku bisa jawab dengan cek nomer registrasi di STNK ku. Jadi kalaupun pertanyaannya sama, antara akun ku dan akun kamu, jawabannya bisa beda.

Jawabannya harus tepat loh ya, kalau salah satu huruf atau angka aja, akan di anggap salah oleh system.

6. Setelah itu akan muncul laman baru yang menanyakan kapan akun kamu dibuat.

Aku sendiri ga inget kapan pastinya akun ku dibuat, tapi aku bisa mengira-ngira.

lupa-kata-sandi-gmail-reset-dengan-menjawab-pertanyaan-keamanan-7

7.Setelah mengisi bulan dan tahun dibuatnya akun tersebut dan klik tombol “Berikutnya”.

Kalau jawaban pertanyaan keamanan kamu bener, dan tanggal pembuatan kamu bener juga. Harusnya bakal muncul laman untuk mengubah sandi seperti dibawah ini.

tinggal-masukkan-sandi-baru-untuk-akun-gmail-yang-lupa-password

8. Kalau udah muncul laman mengubah sandi, artinya proses reset kamu udah bener. Kamu tinggal masukin kata sandi baru dan klik tombol “Ubah sandi”, dan selesai. Kamu udah bisa login dengan sandi baru kamu.

Kalau kata sandi yang kamu masukkan tidak diterima oleh google, baca persyaratan sandi dengan mengklik link “Pelajari lebih lanjut cara memilih sandi yang cerdik” dilaman diatas.

sukses-melakukan-recovery-akun-gmail-yang-lupa-sandi

Note :

Kalau udah muncul laman diatas, jangan lupa perbaharui informasi akun kamu. Tambahkan nomer hp yang baru dan email recovery yang baru. Agar kalau suatu saat kamu lupa lagi sama password akun mu, kamu bisa melakukan reset dengan mudah.

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D