Cara reset kata sandi gmail yang lupa dgn no HP

Sudah lama ga buka akun email gmail kamu sampai lupa kata sandi akun tersebut ? Aku juga sering banget lupa password akun ku, entah itu lupa password facebook, twitter, email, akun belanja online seperti akun lazada, traveloka, kadang malah akun e-banking. 😳

Ini adalah hal yang wajar sih menurutku, karna saat ini tiap orang punya banyak akun dimana-mana. Banyak username dan password yang harus di inget. Untuk reset atau menyetel ulang kata sandi email sebenernya adalah hal mudah, tapi ini keliatan seperti hal sulit untuk pemula, dan aku pun awalnya juga gitu.

Kamu bisa reset dan dapetin lagi akun email gmail kamu dengan cepat dan mudah, jika kamu “beruntung” dan juga baca (bener-bener dibaca) dan ikuti instruksi dibawah ini.

Perlu diketahui bahwa opsi yang muncul saat kamu coba reset sandi, itu bisa beda antara kamu, aku ataupun mas tristianto, ini dikarenakan oleh perbedaan setting di akun tsbt. Akun ku sendiri, itu bisa direset dgn nomer hp, bisa dengan google authenticator, bisa dgn email recovery, bahkan jwb pertanyaan keamanan.

Jadi ada yg cma bisa reset lewat email recovery, dan ada juga yg cma bisa reset lewat no hp, karna ga pernah setting email recovery-nya.

Aku akan coba untuk tambahin dan update semua cara yg bisa digunakan untuk reset sandi gmail, aku juga terima semua saran jika kamu ada cara lain yang ampuh untuk reset sandi gmail, hubungin aja aku lewat laman contact. I’ll really appreciate it. Ok, balik lagi ketopik pembicaraan kita.

Bagaimana cara reset sandi gmail yang lupa untuk pemula ?

Aku jelasin di artikel di artikel sebelumnya mengenai 5 cara untuk reset sandi gmail, 5 cara tersebut bisa dipakai klo kamu punya akses atau pernah setting cara tersebut sebelumnya, aku sarankan baca dulu laman tersebut untuk lebih jelasnya.

Untuk cara reset sandi melalui no hp, kamu bisa mulai dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama, masuk kelaman recovery google

Kamu bisa akses laman recovery google dengan klik link ini : https://accounts.google.com/signin/recovery , nanti akan keliatan tampilan laman seperti ini.

Jika kamu ga biasa pake bahasa inggris, kamu bisa ganti kebahasa indonesia, dibagian bawah itu harusnya ada opsi ganti bahasa.

Ubah bahasa agar lebih mudah dipahami. Di gambar diatas penulis menggunakan bahasa inggris. Untuk yang dari malaysia, jika ingin ubah kata laluan gmail, bisa gunakan bahasa melayu. Or you can use English, just pick language you’re comfortable of.

2. Masukkan alamat email

Baik cara pertama ataupun kedua kamu harus memasukkan alamat email. Masukkan alamat email secara tepat. Setelah itu klik ‘Next’. Jika kamu menggunakan cara kedua, maka langsung lompat ke langkah keempat.

3. Klik ‘Forgot password?’ atau “lupa password”

Jika kamu masuk melalui gmail.com, pada halaman untuk memasukkan password, kamu klik ‘Forgot password?’. Hal ini agar kamu dialihkan ke halaman recovery akun gmail.

4. Masukkan pasword terakhir lalu “next” atau “selanjutnya”

Jika sebelumnya kamu pernah mengganti password, coba masukkan salah satu password yang kamu ingat. Jika kamu tidak ingat secara utuh atau hanya bayang bayang, coba masukkan dulu saja. Kemudian klik ‘Next’.

5.Masukkan nomor HP lalu klik “SEND” atau “kirim”

Gmail akan memberitahu 2 digit terakhir nomor HP yang kamu gunakan sebagai nomor HP pemulihan. Kemudian pada kotak di bawahnya, kamu masukkan secara lengkap nomor HP yang kamu gunakan untuk pemulihan akun Gmail.

Jangan lupa, pastikan lokasi sudah kamu sesuaikan, jika nomor HP Indonesia pilih negara Indonesia.

6. Cek hp dan Buka SMS

Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat sms dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

7. Masukkan kode lalu “next” atau “selanjutnya”

Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik Next.

8. Masukkan password baru

Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

9. Cek Aktivitas terbaru lalu continue

Google akan memberitahu data aktivitas terbaru yang dilakukan akun Gmail kamu. Jika merasa tidak ada yang aneh, klik Continue.

10. Selesai

Selesai, kamu akan diarahkan ke informasi akun kamu. Setelah itu kamu bisa kembali mengakses akun Gmail kamu.


Yudha note :

Diatas sudah aku sebutin sebelumnya, bahwa ada banyak cara reset sandi, dan ini tergantung banget sama setting di akun kamu, kamu “beruntung” kalo kamu pernah setting opsi recovery sebelumnya.

Kamu juga “beruntung banget” kalo kamu bisa akses ke opsi recovery tersebut, karena ga sedikit dari pengunjung yang komentar klo nomer hp udah ilang, ga aktif, mati, dsbnya, ato email recovery mereka pun juga lupa passwordnya sehingga ga bisa akses ke akun email recovery.

Seperti yang kamu bisa lihat dibawah, udah ada ratusan komentar, dan sebagian besar itu sama komentarnya, sama topik yang ditanyakan, so, sebelum kamu komentar, baca dulu bagian bawah ini untuk komentar2 yang paling sering ditanyakan dan jawaban untuk pertanyaan tsbt.

Pertanyaan paling banyak dikolom komentar + jawabannya

1. Bisa bantuin reset passwordnya dong mas ? Aku bayar xx.000 rupiah.

Maaf banget mas bro dan mba sis.. aku ga bisa bantu secara langsung.. 😳

Alasannya karna memang yang minta bantu banyak banget. Lewat komentar blog, ada yang lewat email, lewat akun google plus. Aku ga bisa bantuin semuanya.

Alasan lainnya sih karena memang google sendiri menyarankan untuk reset password melalui device yang digunakan terakhir kali login akun tsbt. Ini artinya yang punya device tsbt adalah pemilik akun.

Alasan berikutnya adalah, aku ga punya akses ke akun recovery kamu, baik itu nomer hp atau pun akun email recovery, aku juga ga tau jawaban dari pertanyaan keamanan akun mu. Aku juga ga tau kapan akun kamu dibuat dan aku ga tau jawaban dari pertanyaan2 yang dikasih google. Yang tau cuma yang punya akun tsbt. Jadi aku ga bisa bantu kamu.

Kalau kamu bener2 awam, sebaiknya minta bantuan temen dekatmu yang lebih paham, kamu ga perlu takut akun dibajak.

Yeah, i know, kebanyakan alasan nih mas yudha. Well, what can i say.

2. Bisa bantuin Hack ga mas ?

Aku ga bisa masalah hack-meng-hack, jadi aku ga bisa bantu dalam hal ini.

3. Cara diatas bisa berhasil ga mas ?

Ya, cara diatas adalah cara paling baru. Aku selalu update blog ini jika ada perubahan dari system googlenya. Kamu bisa juga baca komentar, sebagian pembaca ada yang bilang “berhasil”

4. Kok banyak yang komentar minta bantuan atau gagal untuk reset mas?

Ini seperti yang sudah aku sebutin sebelumnya, mereka ga beruntung, no hp recovery mati lah, ga bisa login ke akun email recovery lah, ato ga pernah set opsi recovery lainnya.

5. Kok aku gagal reset sandinya mas ?

Aku udah jelasin diatas, ada 3 cara yang bisa kamu pakai untuk reset sandi. Jika nomer ga aktif, coba reset dengan alamat email pemulihan terkait akun tsbt, atau coba reset dengan menjawab pertanyaan keamanan.

Kamu bisa gagal , jika kamu tidak punya akses ke semua akun recovery kamu. Nomer telpon hilang atau ga aktif, email pemulihan ga bisa diakses, pertanyaan keamanan ga bisa dijawab, ya jelas kamu bakal gagal untuk resetnya.

Terus gimana kalau udah gini ?

Coba tanya diri sendiri, kamu ga punya satupun akses ke akun recovery, orang lain pun juga sama, orang lain ga punya satupun akses ke akun recovery kamu, iyakan ? kira-kira, orang lain bisa dengan mudahnya reset sandi akun kamu tanpa akses ke akun recovery mu ?  ga bisakan ?

Dimata system google, “kamu yang ga punya akses ke akun recovery”, ga ada bedanya dari orang lain. Karna kamu ga bisa buktiin bahwa kamu adalah pemilik akun tsbt.


Oke, segitu aja dulu deh. Aku akan terus update tulisan ini (dan udah aku update terakhir di april 2018) . Jangan lupa share kalau kamu merasa terbantu. Aku ga minta macem-macem kok, kamu bisa bantu blog ini untuk terus update dan berkembang  dengan cara share tulisan ini ke akun sosmed kamu, atau mention tulisan ini di blog kamu.

Semoga berhasil reset akunnya. Dan kalo berhasil, jangan lupa tinggalin komentar. Wassalam, stay safe dan jauhi narkoba.

Topik: Email
yudha :[Admin, editor, sekaligus penulis di blog ini]___[Kalau kamu merasa terbantu dengan tulisan2 yang ada disini, jangan males untuk klik tombol SHARE/BAGIKAN. It mean a lot for me, and this website. Matur tengkyu....]

Lihat komentar (608)

  • Mas tolong saya mas kata sandi sayanya lupa trus nomor. Teleponnya jg kartunya udah hilang kayak gmna mas tolong mas

      • Akun coc aq lupa sandi, udah coba step diatas, terus udah verifikasi 6 digit code. Tp balasan nya masih sama. TERIMAKASIH SUDAH VERIFIKASI AKUN. GOOGLE TIDAK MENGAKUI AKUN INI MILIK ANDA

  • Gan klo kaya gini kesalahan nya dimna,ane udah terapin smua cara diats,dan jawan nya udh ane isi..
    Tpi balasan google kaya gini.

    Terima kasih telah memverifikasi email Anda.

    Google tidak dapat memverifikasi bahwa gitarunik85@gmail.com milik Anda.

    • ini yg sering jadi masalh mas.. setauku itu biasanya karna google ga yakin bahwa mas adalah pemilik resmi akun tsbt, hal ini bisa disebabkan karna data2 yang mas berikan ga cukup akurat.

  • kalo untuk gmail yg gak pake nomer hp gimana mas? ,saya lupa kata sandi dan gagal terus untuk pemulihan

  • Mas sya punya di ambil orank mas tdi mlm nmer hp di ganti trus imel pemulihan di ganti juga gimana cara ngambilnya lagi mas

  • assalammuallaikum...mas
    saya pakai hp merk coolpad ...saya pakai pengaman kunci layar ...tapi di mainin ponakan sampai gabisa di buka...terus suruh masukin email yang sudah sinkronasi tapi saya lupa sandi email saya

  • Kenapa google gk percaya sama saya pada saat mau riset ulang emailnya
    .
    .ini aku pengguna aslinya??google
    .tolong percaya lah?

    .
    Bantuin mas yudha buat dia percaya??
    KENAPA HARUS SELALU ALAY INI?

  • bang bisa kasih tau , kan saya mau login email tapi harus pake no hp , bisa bantu??

  • Mas yudha saya ada masalah dengan email saya.. nomer hp saya untuk berifikasi 2 langkah udah hangus mas. Kalau mau reset verifikasi 2 langkah gimana ya? Ini akun email masih ceket d hp. Saya sudah pakai akun pemulihan mas.. ini sudah dari 3 hari yang lalu tapi belum ada balasan kalau berhasil mas. Bagaimana ini?

  • Di sini ada yg bisa bobol gmail kaga ,tolongin ane dong gmail ane dibobol orang and ane mau bobol balik lagi sampe hp saya di bikin mati ....
    Disini ada kah klau saya bayar dah ...

  • Mas Yudha mohon bantuannya,sebenernya yg saya bingung,kenapa Gmail saya bilang anda harus masuk masukan sandi. Sementara sandi google saya ga bermasalah d play store atopun YT,
    Apa harus di ganti sandinya di akun pemulihan?

    Mas untuk permasalahan ini saya udah dapat solusinya. Update aplikasi Gmail,

    Maaf saya ga tau reply,jd tulis ulang di sini

    • pernah dipake daftar ke fb ato ke twitter ? tinggal cek aja setting fb bagian terkait email, nanti juga keliatan alamat email lengkapnya..

  • setelah melakukan verifikasi akun ada jawaban tim verifikasi tidak menjamin bahwa akun ini milik anda. pertanyaannya apa yang harus aku lakukan..?

  • halo mas email saya dl pernah saya cantumkan nomer pemulihan dan email pemulihan namun kmrn saya hapus keduanya, tp nomer dan email tersebut masih aktif, tp pas saya coba login blm berhasil mas..masih menunggu konfirmasi dr email pemulihan selama 3-5 hari. bagaimana ya mas?

  • Bg saya sudah coba yg di atas tetapi gk bisa juga. Disuruh masukkan kode verifikasi huruf gk jelas. Tetap aja gk bisa

  • mas saya lupa passwordnya sama lupa nomor hp nya
    soalnya nomor hpnya udah tidak saya pakai lagi

  • masss saya lupas password sama emailnya gak ada nomer hp nya trs gimna tapi pernah saya buat daftar fb FB nya juga lupa passwordnya makasih solusinya gimana masss

  • kaaa mau bantuannyanya dong email saya penting banget . kalau bisa minta tolong di resetn. saya dah coba tapi gagal terus

1 2 3 12