Cara reset kata sandi gmail dengan email pemulihan

Hallo mas bro dan mba sis, semoga sehat selalu.

Lupa kata sandi akun google adalah hal yang wajar terjadi, karena sebagian besar  orang sering  memilih menggunakan fitur ‘remember me’ daripada melalui proses login. Sebenarnya bukan hanya akun gmail saja yang sering lupa kata sandi atau password, tetapi juga berbagai akun lain, seperti akun Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainnya.

Lalu apa yang harus dilakukan jika lupa kata sandi Gmail? Jawabannya mudah, reset aja.  Kali ini aku akan jelaskan bagaimana cara reset sandi akun google dengan menggunakan “email pemulihan” atau recovery mail address.

Tulisan ini adalah salah satu bagian dari tulisan yang menjelaskan cara mengatasi masalah lupa password gmail. Ditulisan sebelumnya tersebut,  aku sudah jelaskan bagaimana melakukan reset sandi akun gmail dengan nomor HP, aku juga jelasin hal-hal penting yang sering ditanyakan pengunjung mengenai “cara reset sandi gmail”. Aku sarankan baca dulu tulisan sebelumnya.

Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, tulisan ini bertujuan membantu “pemula atau newbie internet user”, jadi berisi basic tutorial yang biasanya sudah diketahui oleh orang2 yang gemar berselancar di internet. Tulisan ini tidak ada kaitannya sama “hack” ataupun proses lainnya diluar ketentuan google.

Ok, balik ke inti permasalahan.

Untuk reset sandi gmail dengan email recovery akan dijelaskan panjang lebar dibawah ini, sedangkan untuk cara reset lainnya bisa dibaca disini : Cara reset sandi gmail dengan no hp dan Cara reset sandi gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan.


Tulisan ini di update April 2018, oleh Penulis Tristianto Nugroho dan Di edit oleh admin


Cara reset sandi gmail yang lupa melalui alamat email pemulihan (email recovery)

Cara reset ini dilakukan hanya jika kamu ga bisa akses no hp yang terkait dengan akun gmail tsbt, atau karna memang tidak muncul pilihan reset dengan menggunakan nomer hp.

Tidak munculnya pilihan reset dengan menggunakan nomer hp biasanya karna memang akun gmail tersebut tidak terkait dengan nomer hp manapun. Ini karna kamu belum pernah masukin nomer hp ke pengaturan akun, atau nomer hp yang ada di pengaturan sudah kamu hapus (di delete dari pengaturan).

Ok, aku bukannya pengen mukodimah panjang2, tapi karena banyak banget detail2 yang perlu kamu tau agar kamu bisa sukses reset sandi nya.

Jangan lupa baca doa dan mandi dulu, biar sukses.  😀

Syarat utama untuk melakukan reset kata sandi Gmail dengan cara ini adalah kamu harus pernah menambahkan alamat email pemulihan sebelumnya dan masih memiliki akses untuk masuk ke akun recovery tsbt.

  1. Buka laman ini: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in

Menggunakan link ini adalah cara mudah untuk masuk langsung ke halaman recovery akun Google. Kamu juga bisa menggunakan akses melalui halaman login seperti biasanya. Kemudian pada saat pengisian password bisa klik ‘Lupa Password’.

Pada halaman recovery akun, jika masih menggunakan Bahasa Inggris, kamu bisa menggantinya menjadi bahasa Indonesia. Cukup klik pada bagian kiri bawah, kemudian Bahasa Indonesia.

  1. Masukkan alamat email

Masukkan alamat email kamu dengan benar pada halaman recovery akun. Setelah itu klik ‘Berikutnya’.

  1. Masukkan kata sandi terakhir atau klik ‘Coba cara lain’

Kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi terakhir yang kamu ingat. Jika kamu ingat, masukkan kata sandi lalu klik ‘Berikutnya’. Jika kamu sama sekali tidak ingat kata sandi yang pernah digunakan, cukup klik ‘Coba cara lain’.

  1. Klik ‘Saya tidak memiliki ponsel’

Google kemudian akan menawarkan untuk merecovery akun menggunakan nomor HP. Pada kasus ini aku anggap bahwa kamu lupa kata sandi Gmail dan tidak memiliki akses ke HP atau nomor HP hilang. Sehingga kamu klik ‘Saya tidak memiliki ponsel’.

  1. Klik ‘Coba cara lain’

Google akan menawarkan kembali cara masuk ke akun dengan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi akun kamu. Cara masuk ke akun dengan menjawab pertanyaan ada pada halaman lain di blog ini. Kali ini kamu bisa klik ‘Coba cara lain’. Atau Isi sesuai dengan yang kamu ingat.

Akan ada muncul opsi lain tergantung setting akun kamu sebelumnya, jika kamu ingin resetnya dengan email pemulihan, skip aja semua opsi yang muncul sampai kamu ketemu laman dibawah ini.

  1. Masukkan alamat email pemulihan

Akhirnya Google akan memberikan pilihan untuk recovery akun Gmail dengan menggunakan alamat email pemulihan. Google akan memberitahu clue alamat email pemulihan mana yang kamu gunakan.

Di atas ini adalah dua gambar saat Google memberikan pilihan menggunakan alamat email pemulihan. Pada bagian kiri adalah Google memintamu untuk mengetikkan ulang alamat email pemulihan, sedangkan gambar kanan Google hanya memberikan clue tanpa meminta untuk mengetik ulang akun email kamu. Kemudian klik ‘Kirim’, maka Google akan mengirimkan kode recovery ke email kamu.

  1. Buka email pemulihan

Buka dulu tab atau jendela baru di browser kamu, jangan close laman sebelumnya,  terus cari email berisi kode verifikasi google di inbox akun pemulihan kamu.

Buka email yang kamu gunakan sebagai email pemulihan, seharusnya dalam beberapa detik saja email sudah masuk.

  1. Ambil kode verifikasi Google

Buka pesan dari googlenya, cari dan catet kode tersebut. Lalu balik lagi kelaman reset sandi sebelumnya.

Ambil kode verifikasi Google yang berada pada badan email, biasanya kode ini berisi 6 digit huruf.

  1. Masukkan kode

Kembali lagi ke halaman recovery akun, kemudian masukkan kode verifikasi. Kemudian klik ‘Berikutnya’.

  1. Masukkan kata sandi terbaru

Masukkan kata sandi baru untuk akun kamu. Pastikan kata sandi yang dibuat mudah untuk diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Hal ini tentu saja bermanfaat agar kejadian lupa kata sandi Gmail atau Gmail di hack tidak terjadi lagi. Ulangi memasukkan kata sandi dua kali untuk memastikan tidak ada salah ketik, kemudian klik ‘Berikutnya’.

  1. Periksa aktivitas terkini

Google akan memberikan informasi terkini mengenai akun Gmail kamu. Kamu bisa memeriksanya satu persatu, untuk menghidari apabila akun kamu login di perangkat lain selain yang kamu gunakan.

  1. Selesai

Selamat, kini akun Gmail kamu yang lupa kata sandi sudah bisa diakses kembali. Segera setelah bisa diakses kembali, perbarui informasi akun kamu. Misalnya nomor HP agar besok lagi bisa reset dengan nomor HP.

Nah, sekian tadi cara untuk mengembalikan akun jika lupa kata sandi Gmail. Cara ini mudah dilakukan meskipun memiliki proses yang cukup panjang dari awal. Tentu saja cara ini bisa dilakukan apabila kamu masih memiliki akses ke alamat email pemulihan. Bagaimana jika tidak menambahkan alamat email pemulihan atau tidak punya akses ke alamat email pemulihan? Kamu bisa mencoba dua cara lain di bawah ini.


Yudha note :

Seperti yang sudah aku koar-koarkan sebelumnya, alternatif lain untuk reset sandi gmail bisa dibaca dilaman berikut ini

Dan jika ada pertanyaan, jangan lupa baca note ku di bagian bawah ditulisan “cara reset sandi gmail dengan nomer hp”. Disana ada banyak banget komentar, di saat artikel ini di update (april 2018), ada lebih dari 500 komentar.

Sebagian besar komentar menanyakan hal yang sama, sehingga aku buat kompilasi berisi pertanyaan2 apa aja yang sering muncul di kolom komentar, beserta jawabannya.


Sekian dulu deh.

Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan komentar dibawah ini. Jangan lupa share untuk support web ini, kalau males share, paling ga tinggalin jejak dengan cara berkomentar. That’s the least you can do. 👿

Stay safe, dan jauhi narkoba.

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran untuk situs ini, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

269 Responses

  1. Fathul syafiq says:

    Kak aku sudah ngejalanin semuanya yang gmail, tapi bukannya langsung disuruh ganti kata sandi eh, malah dikasih pemberitahuan email, katanya disuruh tunggu 3-5 hari kak, gimana itu mohon bantuannya

    • yudha yudha says:

      kemungkinan ada proses verifikasi manual mas, saranku tunggu aja sih, kemungkinan bakal sukses klo mas beneran pemilik akun tsbt…….

  2. Aldi says:

    Lupa sandi sama nomer teleponnya um tolong bantuanya

  3. Heni says:

    Mohon bantuannya gan… Saya sudah ikuti semua petunjuk diatas untuk pemulihan akun Tp, selalu google tidak bs memverifikasi bahwa akun ini milik saya…

  4. Reza says:

    Bro kok ane ga ada lupa password pake akun pemulihan?

  5. Via says:

    Bagaimana kalo gk ada pilihan recovery melalui no hp & sudah juga dilakukan recovery dgn email lain & setelah dikirimkan kode verifikasinya malah ditls akun ini bukan milik saya. Gmn ya..??

  6. Riski says:

    Caranya kalo lupa kata sandi abis itu nomernya udh gak aktif

  7. Riski says:

    Cara mengembalikan Fb saya gmna…
    Saya udh coba tapi nomer hp yg dipke buat Fb udh gak aktif

  8. Auliaom says:

    Aku cerita dulu yaa biar jelas:
    Jadi gini…setiap aku buka IG aku masuknya lewat FB aku pikir itu adalh cara yg mudah untuk msuk IG tanpa harus login di app IG nya..
    Karna terlalu sering login lewat fb aku lupa deh kata sandi IG ku…
    Saat aku berusaha membuat password untuk IG ku lewat di reCATPCHAT. .
    Syukurnya
    Berhasil.
    ??
    Tapi?
    Saat aku kembali login lewat app IG (menggunakan sandi yg baru)tanpa FB
    Aku coba memperbaharui INFORMASI PRIBADI bagian ALAMAT E-MAIL untuk menggantikan nya dgan email yg baru saat aku klik KONFIRMASI. .
    ??dia malah minta kode 6 digit di akun yg sebelumnya untuk memastikan apakah aku pengguna yg sebenarnya padahal akun yg sebelumnya aku lupa apa SANDINYA ???
    .
    .JADI SAMPAI SEKARANG AKU BELUM BISA MASUK IG KU SEBAB KODE 6 DIGIT ITU ADA DI EMAIL SEBELUMNYA YG TELAH AKU LUPAKAN??

    .
    .MOHON DI BACA SAMPE SELESAI YAA?
    ?

  9. Auliaom says:

    Mas mohon di jawab cepet ya mas?

    • yudha yudha says:

      aku ga bales smua komentar pengunjung mba, apalagi klo pertanyaannya udh ad di penjelasan ku sblumnya, untuk mba ato mas, krna pertnyaan ny beda bkal aku respon nih,, hehehe…

      cerita nya panjang bgt, cma aku ga trlalu nangkap apa yg ingin ditanyakan..

      klo akun IG mba pernah di konek ke fb, ya ga perlu pake ubh2 sandi sgla kan, tinggal login aja dengan fb nya lagi… nanti klo udh masuk, silahkan ganti alamat email lama dgn email baru, jadi klo kapan2 perlu reset sandi bisa dgn email baru..

      koneksi IG dan FB selama ga di putus melalui setting APP di fb ataupun IG, bakal tetap ada setauku.. jadi ya solusinya, login ke ig dgn akun fb nya mba…

  10. karlina says:

    kan aku udah ikutin sesuai yg diatas cara2 nya, terus gabisa jgk kebuka, dan selalu gagal pas ada tulisan2 aneh itu yg huruf2 acak itu

  11. GaluhKirani says:

    Maaf Kak, tapi setelah langkah ketiga kok gak muncul seperti gambaran langkah keempat? Malah muncul “Jawab pertanyaan keamanan yang anda tambahkan ke akun” Lalu muncul kaya tulisan pakai bahasa Rusia yg artinya ‘Siapa aku?’ Maksudnya gimana ya. Mojon dijaaab.

  12. Gesti says:

    Mas bnta bntu dlu saya lpa kta sndi fb saya tpi d saya pkai d fb gmail bkan nomor hp gk bsa saya bk lg krna sya lpa sndi fb saya tlong d bntu mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *