Voice note whatsapp tidak bisa dibuka atau tidak bersuara

Salah satu fitur keren di whatsapp adalah fitur “voice note” yang memungkinkan kalian untuk saling berkirim pesan suara dengan sangat mudah.

Pesan suara biasanya digunakan oleh pengguna ketika sedang malas mengetik atau sedang tidak bisa mengetik pesan karena sedang melakukan sesuatu misalnya sedang menyetir atau sedang berada diatas motor. Pada saat itu pesan suara sangat praktis jika kedua tangan kalian sedang sibuk mengerjakan hal lain.

Namun tidak jarang pula pesan suara di Whatsapp mengalami error atau masalah tertentu. Hal ini tentu sangat menyusahkan, jika masalah muncul disaat kita sangat membutuhkan fitur ini.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa masalah terkait voice note dan bagaimana solusinya. Trik ini bisa kalian coba dimanapun.

Masalah yang mungkin muncul di fitur voice note whatsapp

Ada beberapa masalah yang bisa muncul, hal ini bisa di lihat dari dua sisi. Dari sisi pengirim ataupun penerima. Dari sisi pengirim misalnya, masalah yang muncul seperti:

  1. Gagal atau tidak bisa mengirim voice note
  2. Voice note yang dikirim tidak bersuara

Sedangkan dari sisi penerima,

  1. Voice note yang diterima tidak bersuara
  2. Voice note yang diterima tidak bisa dibuka

Untuk solusinya akan dijelaskan dibawah ini.

Solusi untuk masalah voice note tidak bersuara.

Jika kalian menerima voice note tapi tidak ada suaranya, ada beberapa kemungkinan yang terjadi.

  1. Microphone si pengirim rusak sehingga voice notenya tidak bisa menangkap suara
  2. Speaker kalian (penerima) rusak, sehingga tidak muncul suara

Untuk hal ini, yang perlu dilakukan adalah melakukan testing. Kalian bisa testing speaker kalian dengan cara mendengarkan music atau melihat video youtube diponsel kalian. Jika video tidak juga bersuara, berarti yang salah ada speaker kalian. Solusinya, coba pakai headset atau perbaiki speaker ke service center terdekat.

Sedangkan jika suara bisa jelas terdengar saat kalian menonton youtube, maka besar kemungkinan masalahnya ada di voice note yang kalian terima tersebut.

Kalian bisa minta pengirim untuk mencoba cek apakah pesan yang dia kirim ada suara di whatsappnya. Jika tidak bersuara juga, kemungkinan mic si pengirim ada masalah. Solusinya sama, coba pakai headset (yang ada mic-nya), atau bawa ke tempat perbaikan.

Solusi untuk voice note yang error atau tidak bisa dibuka.

Jika kalian yakin bahwa bukan masalah mic ataupun speaker. Maka kemungkinan masalahnya ada di voice note-nya sendiri. Bisa jadi tidak terkirim sempurna, atau tidak terdownload sempurna, dsbnya.

Beberapa solusi dibawah ini bisa kalian coba di ponsel kalian.

Solusi dibawah ini juga bisa dicoba buat kalian yang tidak bisa mengirim pesan suara atau gagal mengirim pesan suara di whatsapp kalian. Jadi ini solusi general yang bisa dicoba semua orang dan cukup efektif dalam penyelesaian masalah/bug simpel seperti ini.

1. Reset koneksi internet

Sinyal dari kartu SIM yang kalian gunakan sangat berpengaruh, tidak hanya untuk mengirim tapi juga menerima pesan suara. Banyak orang yang melakukan berbagai hal untuk mengatasi masalah ini namun mereka lupa bahwa saat itu koneksi internet yang mereka gunakan sedang tidak stabil atau error.

Dengan mereset koneksi internet maka jaringan internet pada kartu SIM yang kalian gunakan akan secara otomatis refresh dan kalian akan mendapatkan sinyal lagi.

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mereset koneksi internet, cara tersebut sangat mudah dan bisa kalian lakukan kapanpun kalian inginkan

  1. Aktifkan mode pesawat (flight mode), tunggu beberapa saat, lalu nonaktifkan mode tersebut. Dengan mengaktifkan lalu menonaktifkan mode ini, jaringan data akan dipaksa mati lalu hidup lagi. Biasanya caranya ini cukup efektif.
  2. Restart perangkat kalian. Ini bisa mengatasi masalah jaringan tadi.
  3. Menggunakan menu *#4636#*#*
Menggunakan Panggilan

Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata kalian bisa mereset koneksi internet dengan cara menekan tombol *#4636#*#* pada panggilan. Jika sudah menekan tombol tersebut maka hp kalian akan menampilkan menu phone information. Klik menu tersebut lalu pilih turn off radio. Diamkan sebentar lalu kalian aktifkan lagi dengan cara memilih turn on radio. Dengan cara ini maka pernagkat kalian akan mencari jaringan kembali.

Setelah kalian berhasil menggunakan salah satu dari cara diatas maka kalian bisa mencoba untuk mengirim pesan voice note, atau membuka voice note yang tadinya tidak bisa dibuka.

2. Ganti ke koneksi mobile data atau WiFi

Jika kalian masih belum bisa membuka voice note maka ada kemungkinan saat itu jaringan sedang tidak stabil. Cara yang bisa kalian lakukan adalah mengganti koneksi internet menjadi Wifi. Ketika kalian menggunakan jaringan wifi ternyata bisa mengirim dan membuka pesan suara, maka artinya jaringan internet memang sedang tidak baik.

Namun jika awalnya kalian menggunakan wifi, maka cobalah mengganti ke mode koneksi Mobile data.

3. Restart HP

Hal ini sudah disinggung sebelumnya, namun akan dibahas lagi karena cara ini merupakan cara yang memang cukup ampuh untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka dan mengirim pesan suara.

restart hp

Jika di poin pertama dan poin kedua kita membahas masalah jaringan, namun di poin ini kita mengesampingkan hal tersebut. Karena bisa saja jaringan yang kalian gunakan sudah sangat bagus namun yang bermasalah adalah HP yang kalian gunakan. Dengan me-restart system operasi HP kalian, kalian bisa mengembalikan system ke status awal seperti saat start up. Cara ini seharusnya merupakan cara pertama yang patut di coba.

4. Update WhatsApp

Jika masalah bukan dijaringan ataupun di hp kalian, maka satu satunya yang tersisa adalah masalah tersebut berasal dari Whatsapp.

Update Whatsapp

Hampir setiap saat aplikasi whatsapp mengalami update. Terkadang update whatsapp terkait dengan penambahan fitur, tapi tidak jarang update juga terkait dengan penyelesaian “bug” atau celah/error di system whatsapp itu sendiri. Untuk itu solusinya adalah dengan cara mengupdate aplikasi Whatsapp yang kalian gunakan melalui Playstore.

5. Clear data aplikasi WhatsApp

Masih berhubungan dengan aplikasi whatsapp yang kalian gunakan, untuk mengatasi masalah voice note tidak bisa dikirim ataupun dibuka kalian bisa mengatasinya dengan cara Clear data aplikasi whatsapp.

Bagi sebagian orang mungkin cara ini terkesan tidak nyambung. Namun kalian jangan remehkan cara ini. Dengan clear data maka kalian bisa membersihkan data dan cache yang menumpuk di aplikasi whatsapp, yang sudah tersimpan lama dan bisa saja menimbulkan masalah.

Clear Data

Untuk clear data, berbeda di setiap ponsel, biasanya kalian bisa masuk ke setting, dan cari pengaturan aplikasi, lalu pilih aplikasi whatsapp, hingga kalian menemukan laman mirip seperti diatas. Setelah itu tap “Clear data”.

7. Install ulang aplikasi WhatsApp

Jika cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah kalian, solusi terakhir adalah menghapus dan menginstal ulang aplikasi Whatsapp.

Instal Ulang Aplikasi Whatsapp

Hal ini mirip seperti clear data, tapi dengan menguninstall, lalu menginstall kembali, semua data whatsapp akan benar2 hilang saat di uninstall, dan saat menginstall dari versi yang paling baru, tidak ada data-data lama yang terbawa.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan ketika pesan suara tidak dapat dikirim atau dibuka ataupun tidak bersuara. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirimkan dikolom komentar dibawah.

Kalau kalian ada saran atau cara yang lebih ampuh, bisa juga tambahkan dibawah.

Semoga masalah kalian teratasi. Sekian dan terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan