Cara video call-an hingga 4 orang lewat DM instagram

Hello welcome to bukugue.com

Semenjak instagram diakuisisikan dengan facebook, banyak sekali fitur2 menarik di dalamnya. Dan tetap selalu membuat para user setianya betah berlama-lama berselancar di medsos 1 ini.

Gimana gak betah coba? Gak hanya tempatnya gallery online, tetapi juga ada fitur story ig, igtv, live ig, direct message/DM dll.

Ngomongin soal fitur instagram, dulu DM instagram bisa berinteraksi hanya dengan pesan text biasa dan juga bertukar gambar atau foto, tetapi tahun lalu (2018) instagram resmi merilis fitur video call dan juga voice note layaknya seperti whatsapp.

Mungkin sebagian dari kamu udah ada yang tahu ya. Buat kamu yang belum tahu nih karena ig kamu gak ada fitur ini. Nanti aku jelasin sebabnya kenapa gak muncul video call nya juga mengenai cara menggunakan video call dan voice note.

Ok cus simak penjelasannya.

Cara video call instagram

1. Buka aplikasi instagram di menu hp kamu.
2. Pada laman timeline tap icon pesawat/dm di pojok kanan atas.

Tap icon pesawat/DM di pojok kanan atas
Tap icon pesawat/DM di pojok kanan atas

3. Tap dan masuk ke salah 1 chat DM.

Tap dan masuk ke salah 1 chat
Tap dan masuk ke salah 1 chat

4. Di pojok kanan atas tap icon video. Tunggu sampai teman kamu ikut gabung ke video call kamu.

Tap icon video
Tap icon video

5. Nah, setelah sudah gabung dalam video, jika kamu ingin mengundang teman lain, silahkan geser keatas icon panah. Kemudian cari orang lalu tap tambah.

Tidak hanya kamu yang bisa mengundang teman lain, tetapi juga teman kamu yang telah bergabung di dalam video tersebut juga bisa mengundang. Yang bisa bergabung di dalam video yakni maximal 4 orang termasuk kamu.

Done, selamat bergosip ria di video call instagram bersama teman kamu, hehe.

Eh tapi gak semua teman di instagram kamu bisa menggunakan video call lho. Kenapa gak bisa video call di instagram atau gak ada nih icon video di DM instagram?

Fitur video call tidak muncul

Udah semangat-semangatnya baca artikel ini, eh pas nyoba sendiri ternyata tidak bisa. Fitur video call nya tidak muncul sama sekali. Jadi gimana?

Ok, ini 2 penyebab kenapa Instagram kamu gak bisa video call:

1. Kamu belum update aplikasi instagram ke versi baru. Untuk cara update nya sama seperti update aplikasi whatsapp, atau aplikasi-aplikasi lainnya. Silahkan masuk ke playstore->search instagram->lalu tap update.

2. Ketika sudah di update, tapi ternyata icon video masih tidak ditemukan di DM instagram kamu.

Maka titik masalahnya adalah ponsel kamu tidak support.

Ko gak support, kan android juga? Baik, begini guys, ada beberapa aplikasi yang setiap ada pembaharuan sistem maupun fitur didalamnya, mengharuskan ponsel kamu mendukung hal itu, nah maksudnya mendukung itu dari segi versi android kamu ataupun spesifikasi hp itu sendiri.

Untuk live instagram maupun video call mengharuskan ponsel support android versi 4 above atau lollipop (v5.0) yang artinya di bawah versi tersebut seperti Jelly bean itu gak bisa guys. Tapi aku belum coba di versi kitkat sih. Tapi kitkat masih termasuk versi v4.4

Admin note : Aku udah coba cari info ttg versi yang support fitur ini dilaman resmi instagram, cuma belum nemu. Nanti kalau nemu aku tambahin lagi kesini deh. Thanks.

Liatnya dimana versi android itu? Masuk ke pengaturan ponsel kamu.

Scroll layar keatas sampai ada menu tentang ponsel/about phone di bagian paling bawah.

Kemudian biasanya ada pilihan versi android, nah tertera disitu versi android/android version biasa tertulis v4.22, v4.4, v5.0 dll.

Jika ingin mengetahui lebih jelas tap 2 kali pada menu tersebut. Sampai muncul tulisan jelly bean/kitkat/lollipop/marshmellow dll. Seperti capture di bawah ini:

Kenapa aku bisa bilang begitu, karena ponsel ku sendiri versi jelly bean guys, jadul banget kan hehe. So, aku nyoba capture contohnya pake hp mamak sama ayahku, pinjem bentar hehe. Nah, hp mamak itu android versi lollipop, diatasnya kitkat, ternyata bisa ko video call.

Seperti itu penjelasannya guys, jadi jangan sedih ya buat kamu yang ponsel nya gak mendukung. Kan masih ada whatsapp buat video call-an hehe.

Cara menggunakan voice note

Lanjut ke voice note instagram, fitur ini pun BBM/whatsapp sudah lebih dulu ada ya guys. Kalau di instagram sendiri masih termasuk fitur baru. Cara menggunakannnya:

Sama seperti langkah video call yang udah aku jelasin di atas. Kalau icon voice note ini ada di bagian type.

Penggunaanya seperti biasa, tap and hold (ketuk dan tekan) icon mic. Seperti gambar di bawah ini:

tap and hold (ketuk dan tekan) icon mic
Tap and hold (ketuk dan tekan) icon mic

Mudah bukan? Ok, fitur ini pun mangharuskan instagram sudah kamu update dan android versi di ponsel kamu sudah mendukung.

Kesimpulan

Instagram gak habis akal berinovasi mengupgrade sistem maupun fitur defaultnya, guna membuat usernya gak akan pernah berpaling dari-nya. Padahal pesaing aplikasi media sosial lainnya masih banyak seperti twitter, path dll . Tapi tetap saja instagram menjadi nomor 1 di antara mereka.

Oh ya, saran aku aja sih ya, kalau kedepannya buat kamu yang mau ganti hp nih, gak hanya liat spesifikasi seperti RAM, ROM, kapasitas batrei, kamera, tetapi juga kamu harus perhatikan versi androidnya.

Lebih baik jika memilih ponsel yang sudah versi android terbaru Oreo (v8.0) misalnya. Karena akan berpengaruh nantinya di aplikasi2 terbaru dan terupdate.

Lebih jelas tentang versi2 android dengan nama unik yakni berbagai makanan, kamu bisa search di google ya guys sebagai pengetahuan baru.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan