Cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi #2)

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Juni 10, 2018
  • Post category:Topik : Facebook

Rasanya sudah lama aku tidak menulis, padahal pitch idea yang di ACC admin sudah bertumpuk.. hehehehe.. Nah, berhubung banyak sekali yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang dihack, maka aku memilih untuk melakukan riset tentang cara mengembalikan akun facebook yang dihack yang terbaru. Dan, untuk kemaslahatan umat, maka aku posting artikel yang ini dulu saja. Sebelumnya, aku sudah pernah menulis tentang cara mengembalikan akun yang dihack/dibajak, tapi karena satu atau dua hal, banyak dari teman-teman yang tidak berhasil menembalikan akun facebook dengan cara ini. Oleh karena itu, ini aku tulis lagi cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi 2).

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki pengguna terbanyak, utamanya di Indonesia dan India. Kini, pengguna facebook tidak hanya berasal dari kalangan remaja dan dewasa awal (sekitar 20 tahunan), jejaring sosial facebook juga mulai diminati oleh orang-orang dewasa yang berusia sekitar 45 tahun keatas.

Meskipun biasanya mereka hanya sekedar mengupload foto keluarga atau kegiatan sesuai profesi mereka. Atau hanya sekedar scroll- scroll di beranda untuk melihat postingan status, cerita, foto, atau video teman facebook yang lain. Selain itu, fitur facebook yang semakin hari semakin lengkap dan bisa mengikuti perkembangan zaman, turut menjadi satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mulai menggunakan maupun terus mengupdate facebook yang mereka miliki untuk bisa menikmati fitur baru yang disediakan oleh facebook.

Beberapa fitur baru tersebut adalah menulis cerita yang bisa otomatis hilang dalam waktu 24 jam, membuat daftar, siaran langsung melalui facebook, maupun menjawab pertanyaan.

Fitur lain yang ada di facebook dan terus ada dan masih ramai digunakan hingga saat ini adalah grup facebook. Meskipun saat ini membuat grup di whatsapp dinilai lebih praktis ketimbang grup facebook, nyatanya grup facebook masih banyak digunakan sebagai wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama. Seperti komunitas hobi tertentu (misalnya komunitas trail atau motor gede, komunitas fotografi, dan sebagainya), teman-teman alumni sekolah satu angkatan maupun seluruh angkatan, grup lowongan kerja, grup jual beli antar daerah, dan sebagainya. Hal ini terjadi karena grup facebook sifatnya tidak terbatas, siapapun bisa mengirim permintaan untuk bergabung. Sedangkan pada grup whatsapp, admin harus menyimpan nomor terlebih dahulu untuk bisa menambahkan anggota baru (kecuali jika grup disetting untuk memiliki link, sehingga siapapun bisa masuk ke grup asalkan mengetahui link grup whatsapp yang dituju). Keberadaan grup facebook tentu menguntungkan bagi anggotanya. Selain bisa menjalin komunikasi antar anggota, berbagai informasi terbaru pun bisa kamu dapatkan di grup. Utamanya grup yang memiliki banyak anggota aktif.

Tapi, dibalik semua fitur keren nan ciamik yang disajikan oleh jejaring sosial facebook yang membuat penggunanya nyaman hingga betah berlama-lama berselancar di facebook, tetap saja ada masalah yang masih juga belum teratasi dengan sempurna. Yaitu hacker. Ya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah atau mungkin profesi ini. Yang jelas, sudah banyak sekali orang yang menjadi korban hacker. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika akun facebook dihack sekedar untuk bercanda (ini biasanya dilakukan oleh teman sendiri seperti yang pernah aku alami sendiri ?), tapi jika akun facebook yang dihack disalahgunakan untuk melakukan penipuan seperti meminta sejumlah uang kepada teman facebook kita, dan tentu saja teman kita akan percaya kemudian mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang diberikan oleh si hacker. Dan apapun yang terjadi kemudian, pastilah kita yang harus mengganti uang teman kita yang sudah terlanjur ditransfer ke rekening hacker. Sekalipun kita tidak ikut menerima uangnya.

Untuk mengatasi akun facebook yang dihack, baik itu mengembalikan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri maupun meminta bantuan pihak facebook untuk memblock akun yang sudah tidak bisa ditolong, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu meminta facebook mengirim konfirmasi untuk reset password ke email atau nomor telepon yang kamu cantumkan saat mendaftar facebook. Sayangnya, kadang hidup tidak semudah itu.. ups, maksudku mengembalikan akun facebook yang sudah dihack agar menjadi milik kita lagi tidak semudah itu.. hihi. Ya, hacker zaman sekarang sudah lebih professional dan lebih jeli untuk memutus hal-hal yang bisa dilakukan si pemilik akun facebook untuk mendapatkan akses ke akun facebooknya kembali. Jika dulu hacker hanya mengubah password agar si pemilik akun tidak bisa masuk, sekarang ini hacker juga mengubah email atau nomor telepon yang tertaut dengan akun facebook tersebut. Baik email atau nomor telepon utama (yang digunakan saat mendaftar dan login facebook) maupun email/ nomor telepon pemulihan.

Masalah yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna facebook zaman now adalah

1. Password facebook diubah oleh hacker, email/nomor telepon untuk login tetap dan pemilik akun facebook masih memiliki akses ke alamat email/nomor telepon tersebut.

2. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap, tapi si pemilik akun facebook sudah tidak punya akses ke email tersebut (misalnya karena lupa password email, email diblokir karena terlalu lama tidak dibuka, dan sebagainya)

3. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap tapi sudah tidak bisa diakses (misalnya karena lupa password, dan sebagainya), dan email pemulihan diubah oleh hacker, sehingga si pemilik akun facebook tidak bisa meminta link untuk reset password ke pihak facebook

4. Password facebook dan email yang digunakan untuk login dan email pemulihan sudah diubah oleh hacker (untuk kasus ini, biasanya akan muncul tulisan “email anda tidak terdaftar / tertaut dengan akun facebook manapun”.

Untuk masalah pertama, akun facebook yang dihack masih bisa diselamatkan dengan cara Reset sandi facebook yang lupa disini . Sedangkan untuk masalah kedua, akun facebook yang sudah dihack bisa kembali ke tangan kamu dengan cara yang akan aku tulis di bawah dan/atau di tulisan sebelumnya di sini.

Nah, untuk masalah yang ketiga, jujur saja sampai saat ini aku pun tidak tahu bagaimana cara untuk mengembalikannya. Saran saya adalah laporkan akun facebook anda yang dihack tersebut ke pihak facebook. Untuk caranya, bisa dibaca disini: Cara hapus permanen akun fb yang di bajak.

Nah, langsung saja ya.

Begini cara untuk mengembalikan akun facebook yang dihack/ dibajak terbaru versi 2

Aku ingatkan sekali lagi ya, cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Oh iya, disini aku menggunakan facebook via web browser, terserah dari PC atau smartphone, yang jelas

1. Masuk ke laman utama login facebook
2. Pilih pusat bantuan
3. Ketuk kotak kebijakan dan pelaporan
4. Pilih akun yang dibajak dan palsu
5. Pilih sepertinya akun saya diretas atau seseorang telah menggunakan…………..
6. Ketuk link kunjungi halaman ini
7. Pilih akun saya dibobol
8. Masukkan email utama yang biasa digunakan untuk login
9. Masukkan password lama, jika muncul peringatan maka ketuk tulisan “yang baru”
10. Setelah itu pilih tidak punya akses ke sini lagi
11. Ketuk saya tidak dapat mengakses email saya
12. Silahkan masukkan email yang bisa kamu akses, pastikan email yang kamu masukkan tidak pernah kamu gunakan untuk akun facebook manapun. Lebih amannya buat saja email baru. Untuk caranya bisa kamu baca disini
13. Isi form yang muncul di laman facebook kamu. Untuk tautan URL ke linimasa, kamu bisa melihatnya terlebih dahulu menggunakan akun facebook lain (bisa buat baru atau minta tolong ke teman). Dengan akun tersebut, buka profil facebook kamu yang sudah dihack, salin URL yang muncul, lalu paste di kotak tautan URL ke linimasa 
14. Tunggu beberapa saat, bisa satu jam atau lebih. Sabar saja ya. Facebook akan mengirimkan tautan ke email yang kamu masukkan (no 12)
15. Masukkan password/ kata sandi baru
16. Pilih tinjau perangkat lainnya dan ketuk keluar dari semua sesi
17. Silahkan masuk facebook seperti biasa. Dan hualaaaa… this is it….

Bagaimana? Apa kamu juga sudah berhasil mengambil akun facebook kamu kembali? Sekali lagi aku ingatkan cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Nah jika sudah bisa, maka sedikit tips untuk pengamanan saja, aktifkan autentikasi dua faktor facebook. Juga pemberitahuan jika ada perangkat asing yang mencoba mengakses akun facebook kamu. Dengan begitu jika terjadi gerak gerik yang mencurigakan di akun facebook kamu, kamu bisa langsung mengambil tindakan.

Selain itu, berhati-hatilah ketika membuka tautan web yang dibagikan teman di facebook, seperti artikel-artikel viral, aplikasi yang sifatnya untuk hiburan, dan sebagainya. Jika web tersebut meminta izin untuk membaca data pribadi kamu, sebaiknya jangan dibuka. Jika ingin mendapatkan informasi terbaru ataupun viral, lebih baik kunjungi web tersebut langsung melalui search engine seperti google chrome, yahoo, bing, dan sebagainya. Dengan begitu, data yang kamu masukkan di akun facebook kamu tidak akan terlibat.

Nah, aku rasa ini dulu yang bisa aku tulis di artikel kali ini. Jika ada tambahan, sanggahan, kritik, maupun saran atau boleh juga pertanyaan silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ?

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

This Post Has 262 Comments

  1. Muhamad sahrul

    Yg punya saya mh yg no 11 nya gak ada,terus gimna

    1. yudha

      ulangin di perangkat, jaringan dan lokasi yang dikenal… agar system fb bisa mudh mengenali mas sebagai pemilik sah akun…

  2. Revan

    Bang tolong bantu akun saya yang di hack
    TOLONG BANTU lewat WA aja=(sensor)
    Please

    1. yudha

      aku ga bisa bantu secara langsung mas.. kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa lewat email.. cek dihalaman kontak blog ini..

  3. Ria suhendra tanjung

    Bang akun saya di hack
    Tapi email sama no hp yg saya cantum kan di fb tersebut udah gak ada lagi
    Waktu saya lacak pakai email fb saya
    Email nya masih tetap,yang di ganti cma sandi doang
    Kira2 bisa kembali gak tu bg akun saya ?
    Tolong bantuan nya ya bang ???

    1. yudha

      emailnya bisa mas akses ga? kalau bisa, tinggal reset aja..

      tapi kalau emailnya yang dihack orang, maka satu-satunya cara dengan hubungin support seperti yang dijelasin diatas..

  4. harto809

    kak akun saya kan kena bajak nah saya mau dapetin kembali, tapi nomer fb saya sudah tidak aktif dan gak bisa masukin akun e-mail , gimana solusinya ya??

    1. yudha

      ga pernah coba kalau gitu aku mas… udh sampe kehalaman form dilangkah 13? dibagian pilih masalah anda itu ada opsi yang kira2 sesuai ga mas..?

  5. Marta

    Selamat pagi, mas. Mas boleh minta bantu hapus akun fb saya yang di hack, kemarin? Saya sudah coba untuk menemukan fb tersebut dgn fb kakak saya menggunakan URL, tetapi tidak ditemukan. Namun saat nama akun di cari menggunakan fb teman, akun tersebut masih ada. Hackernya juga sudah mengganti nama akun saya dan ini nama akunnya mas. New Lgnd-life Real Fourteenzz. Terima kasih sebelumnya mas.

    1. yudha

      kirimin urlnya sini mas, nanti aku bantu laporkan…

  6. Dianita

    No .13 bagaimana cara isi form nya???

    1. yudha

      ya tinggal isi aja mba.. kalau ragu bisa kirim email ke [email protected], kirimin detail dan screenshotnya untuk bagian yang mba ga tau.. biar mudh aku jawabnya…

  7. Marta

    Mas akun saya dihack, boleh bantu hapus akun saya mas? Saya sdh coba mencari dengan URL profil dan pencarian nama akun tersebut menggunakan akun fb kakak saya, tapi tdk ditemukan akunnya. Namun, saat dicari oleh teman saya dengan pencarian nama, akun itu masih ada mas.

    1. Marta

      Mohon bantuannya mas 🙏

    2. yudha

      berarti akunnya masih ada mba, kemungkinan semua akun keluarga mba diblokir sama dia, jadi ga bisa dicari dari akun keluarga mba.. silahkan minta bantuan teman tsbt untuk ambil url profilnya mba.. setelah itu mba bisa gunakan url profil tsbt untuk minta bantuan ke yang lain agar akun tsbt dilaporkan..

  8. Ihat

    Kalo saya kasus nya nomer generator nya tidak sampai ke pesan,
    Note :ganti hp lupa log out ,
    Mohon di bantu,

    1. yudha

      cara diatas ga pake kode2 harusnya mas.. mas cobain bagian mana.?

    2. Elwin lasander

      Bang tolong buati akun fb saya yg ke hack dan telah di ganti email bang

    3. yudha

      diatas udh dijelasin detail mas.. dicoba dulu..

  9. Robertus mbelu

    Bang tolong pulihkan akun sya….akun saya di bajak orang saya tidak tau caranya bagaimanaa

    1. yudha

      diatas udh dijelasin caranya mas…

  10. Robertus mbelu

    Saya udah coba bang tapi tetap tidak bisa ,,bang bantu saya
    Tolong bang pulihkan akun saya ,akun saya itu terhubung dengan akun game free fire saya,,tolong bang ini nomor saya kalau Abang ikhlas bantu saya

    1. yudha

      masalahnya bukan ikhlas ga ikhlas mas… yang jadi masalah adalah aku ga bisa bantu apa2..

      banyak yang berani bayar mas, tapi memang tidak bisa, mau gimana aku jawabnya… intinya untuk recover itu perlu detail akun, terus perlu perangkat yang pernah login ke akun tsbt.. dan ini aku ga punya, yang punya adalah pemilik akun itu sendiri…

  11. Ryan

    Assalamu’alaikum,,,
    Saya kan buat akun fb baru
    Tetapi saya cari nama akun fb yg dulu tidak ada
    Saya pakai akun fb org lain yg gak berteman dngn fb itu pun
    Hasilnya nihil tidak diketemukan
    Tetapi notifikasi Fb itu masih ada.
    Yg saya mau tanyakan apakah fb sya itu masih ada,, atau sudah dihapus org itu. Kalau masih bisa ditolong bagaimana caranya ya ??,,,

    1. yudha

      mas lihat notifikasi nya dimana?

      kalau mas bisa liat notifikasi di email misalnya, artinya email mas masih terkait dengan akun tsbt.. mas tinggal buka email tsbt, cari notifikasi tadi, cari link yang bisa mengarahkan mas ke akun mas (didalam email tsbt).. buka linknya, nanti harusnya diarahkan ke akun fb mas.. cmiiw..

  12. yoichi`

    bang akun saya dignti email sma passwordnya sama org yang gk bertanggung jawab
    gmna balikinnya ? saya udah ikutin step by step di atas tp gk work

    1. yudha

      ga worknya dimana mas? sampe dilangkah berapa?

  13. Dewi

    Bang, bisa minta tolong ga? Akun fb adik saya ke hack. Email & password udah diganti semua. Gimana cara balikinnya bang ?

    1. yudha

      baca diatas mba.. terus cobain di ponsel adik mba tsbt…

  14. Herlina

    mas, kalo saya sdh coba cara di atas, dan berhenti setelah masuk kan kode teman terdekat, setelah itu lama ga dapet tautan nya.. gmana caranya ya mas? email udah ga bisa di akes, begitu juga no telp nya, mohon bantuannya ya mas.. trimakasih sebwlum nya

    1. yudha

      udh coba masukkan kode dari teman-nya?

  15. Lisha

    Mas mau nanya, fb sy di hack. Dan sy udh bs atur ulang sandi bru. Tp saat masuk fb mnta kode login generator, smentra slama ini sy tk pernah mengaktifkan kode generator. Kmungkinan yg tukang hack nya yg mengaktifkan nya. Gimana cra mendapat kan kode login generator itu mas??? Mohon bntuan nya.

    1. yudha

      setauku perlu hubungin pihak support mba..

      mba pakai cara diatas kah? artinya mba email-emailan dengna support kan ya? dibalas aja diemail tsbt, kalau hackernya aktifin autentikasi dua faktor, dan minta bantuan mereka untuk matiin fitur tsbt…

  16. Herlina

    siang mas yudha, sdh… kode sdh saya msuk kan nunggu sms ato email nya ga dateng2 buat pulihin akun nya.. gmana caranya ya mas?? trima kasih sebelum nya…

    1. yudha

      kodenya dapet dari teman2 kan mba? seharusnya proses yang ini instan, setelah dapet kode dari 3 orang teman (kodenya beda2 itu)…dan dimasukin, harusnya langsung diminta untuk bikin password baru.. cmiiw.. setlah itu harusnya sudh bisa login dengan password baru tsbt..

  17. Nurjanah

    Ada yg bisa bantu FB saya kena hack.

    1. yudha

      cobain proses diatas mba…

  18. Ismee

    Msh bisa ga di hpmu pakai cara ini mas?

    Knp saya udh sebulan, TDK dpt balasan email dari FB-nya?

    1. yudha

      aku ga bisa test lagi mas.. kalau bisa aku ga bakal repot mas.. soalnya banyak yang nanyain…

      harusnya masih bisa mas.. itu mas udh upload ktp? kalau iya artinya masih bisa.. kalau masalah lama balasannya, bisa dicoba ulang mas.. ini soalnya tergantung pihak fb jg, jadi ga ada patokan berapa lama harus nunggu…

  19. faqihan

    bang.. saya udah coba sampe no.11 tapi setelah itu yang muncul gak gak sama kaya no. 12 …..tulisan ny yang muncul… “Tidak Ada Akses Email”… itu gimana bang… saya nyoba pake laptop…gk pake smartphone

    1. yudha

      cobain di ponsel deh mas… seperti yang udh aku jelasin berkali2 dikolom komentar, kalau nemu seperti itu, artinya system ga yakin bahwa yang coba proses tsbt adalah pemilik sah akun… solusinya adalah ulangin prosesnya diperangkat, jaringan dan lokasi yang dikenal oleh system fb…

  20. Tika

    selamat siang mas.
    saya ada sedikit kendala, akun fb saya di hacker seseorang.
    untuk masuk melalui email tidak bisa dikarenakan password sudah tidak bisa, untuk masuk melalui nmr hp jugak tidak bisa dikarenakan nmr hp juga sudah diganti oleh hacker.
    mohon saran untuk memperbaiki mas ?

    1. yudha

      lewat hubungin support fb seperti cara diatas mba.. cma ga gampang sih, dan butuh waktu lama…

      selain dari itu setauku ga ada cara lain mba.. cmiiw..

  21. Herlina

    lha ya mas… saya juga bingung… enaknya gmana ya mas… thanks before

    1. yudha

      dicoba ulangin lagi, walaupun mungkin sedikit ngerepotin teman, tapi setidaknya dengan menghubungin teman, lebih gampang dari pada nungguin bantuan dari pihak support fb mba….

  22. Ahmad Taufik Rosyidin

    Mas saya udah ikuti cara diatas, tetapi ketika mengikut langkah ke 12 tulisannya di chrome saya tidak ada akses email, tidak bisa memverifikasi siapa anda. Solusinya gimana itu mas?

    1. Ahmad Taufik Rosyidin

      Dan waktu fb saya masih bisa, saya loginnya di apl fb langsung tidak melalui chrome tetapi melalui perangkat yang sama dengan yang sekarang. Tapi tulisannya tetap tidak ada akses email

    2. yudha

      kalau dari aplikasi fbnya, mas udh cobain lewat sana belum?

    3. yudha

      solusinya setauku adalah ulangin prosesnya diperangkat, jaringan dan lokasi yang dikenali system fb..

      terus cobain juga di aplikasi fbnya, coba utak-atik dan proses dari aplikasi fb yang mas pakai…

      kalau gagal jg, laporkan akun untuk dihapus https://bukugue.com/cara-hapus-permanent-akun-fb-yang-di-hack/ dan buat akun fb baru…

  23. Herlina

    sdh bebeberapa x lho mas… saya sampe bingung… apa di ulang2 gpp?? ma kasih….🙏🙏

    1. yudha

      ini mba prosesnya yang lewat teman terpercaya kan ya?…kalau gagal, ulangi lagi mba…

      yang perlu nunggu itu kalau prosesnya melalui email support, kalau iya, perlu nunggu dulu sekitar seminggu dua minggu.. dan kalau ga ada respon, ya diulangi lagi jg mba.. setauku gitu..soalnya ada jg yang nunggu dan ga dapet2 respon, makanya aku saranin untuk cobain ulang..

  24. nurhayati

    saya sudah coba step by step hanya bisa sampai dengan no 11 dan selanjutnya muncul keterangan tidak ada akses email keterangannya, kami minta maaf anda mengalami kesulitan memulihkan alamat email anda, sayangnya , ini berarti kami tidak dapat memverifikasi siapa anda atau memberikan anda akses ke akun facebook yang anda coba masuki , kami dapat menyembuyikan informasi pada akun facebook anda jika kami mendeteksi bahwa anda tidak bisa mendapatkan kembali akses ke akun sana.

    seperti itu mas trus gimana selanjutnya,

    1. yudha

      intinya itu system ga bisa memverifikasi hubungan mba dengan akun tsbt..

      seperti yang sudh aku jelasin dikomentar2 sebelumnya, setauku, solusinya adalah pakai perangkat, jaringan dan lokasi yang dikenal oleh fb.. jadi jngn lakukan proses diatas diperangkat baru… cmiiw..

Tinggalkan Balasan