Cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi #2)

Rasanya sudah lama aku tidak menulis, padahal pitch idea yang di ACC admin sudah bertumpuk.. hehehehe.. Nah, berhubung banyak sekali yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang dihack, maka aku memilih untuk melakukan riset tentang cara mengembalikan akun facebook yang dihack yang terbaru. Dan, untuk kemaslahatan umat, maka aku posting artikel yang ini dulu saja. Sebelumnya, aku sudah pernah menulis tentang cara mengembalikan akun yang dihack/dibajak, tapi karena satu atau dua hal, banyak dari teman-teman yang tidak berhasil menembalikan akun facebook dengan cara ini. Oleh karena itu, ini aku tulis lagi cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi 2).

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki pengguna terbanyak, utamanya di Indonesia dan India. Kini, pengguna facebook tidak hanya berasal dari kalangan remaja dan dewasa awal (sekitar 20 tahunan), jejaring sosial facebook juga mulai diminati oleh orang-orang dewasa yang berusia sekitar 45 tahun keatas.

Meskipun biasanya mereka hanya sekedar mengupload foto keluarga atau kegiatan sesuai profesi mereka. Atau hanya sekedar scroll- scroll di beranda untuk melihat postingan status, cerita, foto, atau video teman facebook yang lain. Selain itu, fitur facebook yang semakin hari semakin lengkap dan bisa mengikuti perkembangan zaman, turut menjadi satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mulai menggunakan maupun terus mengupdate facebook yang mereka miliki untuk bisa menikmati fitur baru yang disediakan oleh facebook.

Beberapa fitur baru tersebut adalah menulis cerita yang bisa otomatis hilang dalam waktu 24 jam, membuat daftar, siaran langsung melalui facebook, maupun menjawab pertanyaan.

Fitur lain yang ada di facebook dan terus ada dan masih ramai digunakan hingga saat ini adalah grup facebook. Meskipun saat ini membuat grup di whatsapp dinilai lebih praktis ketimbang grup facebook, nyatanya grup facebook masih banyak digunakan sebagai wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama. Seperti komunitas hobi tertentu (misalnya komunitas trail atau motor gede, komunitas fotografi, dan sebagainya), teman-teman alumni sekolah satu angkatan maupun seluruh angkatan, grup lowongan kerja, grup jual beli antar daerah, dan sebagainya. Hal ini terjadi karena grup facebook sifatnya tidak terbatas, siapapun bisa mengirim permintaan untuk bergabung. Sedangkan pada grup whatsapp, admin harus menyimpan nomor terlebih dahulu untuk bisa menambahkan anggota baru (kecuali jika grup disetting untuk memiliki link, sehingga siapapun bisa masuk ke grup asalkan mengetahui link grup whatsapp yang dituju). Keberadaan grup facebook tentu menguntungkan bagi anggotanya. Selain bisa menjalin komunikasi antar anggota, berbagai informasi terbaru pun bisa kamu dapatkan di grup. Utamanya grup yang memiliki banyak anggota aktif.

Tapi, dibalik semua fitur keren nan ciamik yang disajikan oleh jejaring sosial facebook yang membuat penggunanya nyaman hingga betah berlama-lama berselancar di facebook, tetap saja ada masalah yang masih juga belum teratasi dengan sempurna. Yaitu hacker. Ya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah atau mungkin profesi ini. Yang jelas, sudah banyak sekali orang yang menjadi korban hacker. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika akun facebook dihack sekedar untuk bercanda (ini biasanya dilakukan oleh teman sendiri seperti yang pernah aku alami sendiri 😑), tapi jika akun facebook yang dihack disalahgunakan untuk melakukan penipuan seperti meminta sejumlah uang kepada teman facebook kita, dan tentu saja teman kita akan percaya kemudian mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang diberikan oleh si hacker. Dan apapun yang terjadi kemudian, pastilah kita yang harus mengganti uang teman kita yang sudah terlanjur ditransfer ke rekening hacker. Sekalipun kita tidak ikut menerima uangnya.

Untuk mengatasi akun facebook yang dihack, baik itu mengembalikan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri maupun meminta bantuan pihak facebook untuk memblock akun yang sudah tidak bisa ditolong, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu meminta facebook mengirim konfirmasi untuk reset password ke email atau nomor telepon yang kamu cantumkan saat mendaftar facebook. Sayangnya, kadang hidup tidak semudah itu.. ups, maksudku mengembalikan akun facebook yang sudah dihack agar menjadi milik kita lagi tidak semudah itu.. hihi. Ya, hacker zaman sekarang sudah lebih professional dan lebih jeli untuk memutus hal-hal yang bisa dilakukan si pemilik akun facebook untuk mendapatkan akses ke akun facebooknya kembali. Jika dulu hacker hanya mengubah password agar si pemilik akun tidak bisa masuk, sekarang ini hacker juga mengubah email atau nomor telepon yang tertaut dengan akun facebook tersebut. Baik email atau nomor telepon utama (yang digunakan saat mendaftar dan login facebook) maupun email/ nomor telepon pemulihan.

Masalah yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna facebook zaman now adalah

1. Password facebook diubah oleh hacker, email/nomor telepon untuk login tetap dan pemilik akun facebook masih memiliki akses ke alamat email/nomor telepon tersebut.

2. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap, tapi si pemilik akun facebook sudah tidak punya akses ke email tersebut (misalnya karena lupa password email, email diblokir karena terlalu lama tidak dibuka, dan sebagainya)

3. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap tapi sudah tidak bisa diakses (misalnya karena lupa password, dan sebagainya), dan email pemulihan diubah oleh hacker, sehingga si pemilik akun facebook tidak bisa meminta link untuk reset password ke pihak facebook

4. Password facebook dan email yang digunakan untuk login dan email pemulihan sudah diubah oleh hacker (untuk kasus ini, biasanya akan muncul tulisan “email anda tidak terdaftar / tertaut dengan akun facebook manapun”.

Untuk masalah pertama, akun facebook yang dihack masih bisa diselamatkan dengan cara Reset sandi facebook yang lupa disini . Sedangkan untuk masalah kedua, akun facebook yang sudah dihack bisa kembali ke tangan kamu dengan cara yang akan aku tulis di bawah dan/atau di tulisan sebelumnya di sini.

Nah, untuk masalah yang ketiga, jujur saja sampai saat ini aku pun tidak tahu bagaimana cara untuk mengembalikannya. Saran saya adalah laporkan akun facebook anda yang dihack tersebut ke pihak facebook. Untuk caranya, bisa dibaca disini: Cara hapus permanen akun fb yang di bajak.

Nah, langsung saja ya.

Begini cara untuk mengembalikan akun facebook yang dihack/ dibajak terbaru versi 2

Aku ingatkan sekali lagi ya, cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Oh iya, disini aku menggunakan facebook via web browser, terserah dari PC atau smartphone, yang jelas

1. Masuk ke laman utama login facebook
2. Pilih pusat bantuan
3. Ketuk kotak kebijakan dan pelaporan
4. Pilih akun yang dibajak dan palsu
5. Pilih sepertinya akun saya diretas atau seseorang telah menggunakan…………..
6. Ketuk link kunjungi halaman ini
7. Pilih akun saya dibobol
8. Masukkan email utama yang biasa digunakan untuk login
9. Masukkan password lama, jika muncul peringatan maka ketuk tulisan “yang baru”
10. Setelah itu pilih tidak punya akses ke sini lagi
11. Ketuk saya tidak dapat mengakses email saya
12. Silahkan masukkan email yang bisa kamu akses, pastikan email yang kamu masukkan tidak pernah kamu gunakan untuk akun facebook manapun. Lebih amannya buat saja email baru. Untuk caranya bisa kamu baca disini
13. Isi form yang muncul di laman facebook kamu. Untuk tautan URL ke linimasa, kamu bisa melihatnya terlebih dahulu menggunakan akun facebook lain (bisa buat baru atau minta tolong ke teman). Dengan akun tersebut, buka profil facebook kamu yang sudah dihack, salin URL yang muncul, lalu paste di kotak tautan URL ke linimasa 
14. Tunggu beberapa saat, bisa satu jam atau lebih. Sabar saja ya. Facebook akan mengirimkan tautan ke email yang kamu masukkan (no 12)
15. Masukkan password/ kata sandi baru
16. Pilih tinjau perangkat lainnya dan ketuk keluar dari semua sesi
17. Silahkan masuk facebook seperti biasa. Dan hualaaaa… this is it….

Bagaimana? Apa kamu juga sudah berhasil mengambil akun facebook kamu kembali? Sekali lagi aku ingatkan cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Nah jika sudah bisa, maka sedikit tips untuk pengamanan saja, aktifkan autentikasi dua faktor facebook. Juga pemberitahuan jika ada perangkat asing yang mencoba mengakses akun facebook kamu. Dengan begitu jika terjadi gerak gerik yang mencurigakan di akun facebook kamu, kamu bisa langsung mengambil tindakan.

Selain itu, berhati-hatilah ketika membuka tautan web yang dibagikan teman di facebook, seperti artikel-artikel viral, aplikasi yang sifatnya untuk hiburan, dan sebagainya. Jika web tersebut meminta izin untuk membaca data pribadi kamu, sebaiknya jangan dibuka. Jika ingin mendapatkan informasi terbaru ataupun viral, lebih baik kunjungi web tersebut langsung melalui search engine seperti google chrome, yahoo, bing, dan sebagainya. Dengan begitu, data yang kamu masukkan di akun facebook kamu tidak akan terlibat.

Nah, aku rasa ini dulu yang bisa aku tulis di artikel kali ini. Jika ada tambahan, sanggahan, kritik, maupun saran atau boleh juga pertanyaan silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 😊

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

3 Responses

  1. Putri says:

    Kak saya udah coba sampai langkah yg ke-10, tapi setelahnya tidak sesuai dengan cara yg tertera di atas. Justru malah minta 3 nama kontak teman lagi, gimana ya kak?

  2. Riyan says:

    Mbak bagaimana cara memblok akun yg sudah tidak bisa di tolong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *