Cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi #2)

Rasanya sudah lama aku tidak menulis, padahal pitch idea yang di ACC admin sudah bertumpuk.. hehehehe.. Nah, berhubung banyak sekali yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang dihack, maka aku memilih untuk melakukan riset tentang cara mengembalikan akun facebook yang dihack yang terbaru. Dan, untuk kemaslahatan umat, maka aku posting artikel yang ini dulu saja. Sebelumnya, aku sudah pernah menulis tentang cara mengembalikan akun yang dihack/dibajak, tapi karena satu atau dua hal, banyak dari teman-teman yang tidak berhasil menembalikan akun facebook dengan cara ini. Oleh karena itu, ini aku tulis lagi cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak (versi 2).

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki pengguna terbanyak, utamanya di Indonesia dan India. Kini, pengguna facebook tidak hanya berasal dari kalangan remaja dan dewasa awal (sekitar 20 tahunan), jejaring sosial facebook juga mulai diminati oleh orang-orang dewasa yang berusia sekitar 45 tahun keatas.

Meskipun biasanya mereka hanya sekedar mengupload foto keluarga atau kegiatan sesuai profesi mereka. Atau hanya sekedar scroll- scroll di beranda untuk melihat postingan status, cerita, foto, atau video teman facebook yang lain. Selain itu, fitur facebook yang semakin hari semakin lengkap dan bisa mengikuti perkembangan zaman, turut menjadi satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mulai menggunakan maupun terus mengupdate facebook yang mereka miliki untuk bisa menikmati fitur baru yang disediakan oleh facebook.

Beberapa fitur baru tersebut adalah menulis cerita yang bisa otomatis hilang dalam waktu 24 jam, membuat daftar, siaran langsung melalui facebook, maupun menjawab pertanyaan.

Fitur lain yang ada di facebook dan terus ada dan masih ramai digunakan hingga saat ini adalah grup facebook. Meskipun saat ini membuat grup di whatsapp dinilai lebih praktis ketimbang grup facebook, nyatanya grup facebook masih banyak digunakan sebagai wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama. Seperti komunitas hobi tertentu (misalnya komunitas trail atau motor gede, komunitas fotografi, dan sebagainya), teman-teman alumni sekolah satu angkatan maupun seluruh angkatan, grup lowongan kerja, grup jual beli antar daerah, dan sebagainya. Hal ini terjadi karena grup facebook sifatnya tidak terbatas, siapapun bisa mengirim permintaan untuk bergabung. Sedangkan pada grup whatsapp, admin harus menyimpan nomor terlebih dahulu untuk bisa menambahkan anggota baru (kecuali jika grup disetting untuk memiliki link, sehingga siapapun bisa masuk ke grup asalkan mengetahui link grup whatsapp yang dituju). Keberadaan grup facebook tentu menguntungkan bagi anggotanya. Selain bisa menjalin komunikasi antar anggota, berbagai informasi terbaru pun bisa kamu dapatkan di grup. Utamanya grup yang memiliki banyak anggota aktif.

Tapi, dibalik semua fitur keren nan ciamik yang disajikan oleh jejaring sosial facebook yang membuat penggunanya nyaman hingga betah berlama-lama berselancar di facebook, tetap saja ada masalah yang masih juga belum teratasi dengan sempurna. Yaitu hacker. Ya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah atau mungkin profesi ini. Yang jelas, sudah banyak sekali orang yang menjadi korban hacker. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika akun facebook dihack sekedar untuk bercanda (ini biasanya dilakukan oleh teman sendiri seperti yang pernah aku alami sendiri ?), tapi jika akun facebook yang dihack disalahgunakan untuk melakukan penipuan seperti meminta sejumlah uang kepada teman facebook kita, dan tentu saja teman kita akan percaya kemudian mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang diberikan oleh si hacker. Dan apapun yang terjadi kemudian, pastilah kita yang harus mengganti uang teman kita yang sudah terlanjur ditransfer ke rekening hacker. Sekalipun kita tidak ikut menerima uangnya.

Untuk mengatasi akun facebook yang dihack, baik itu mengembalikan dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri maupun meminta bantuan pihak facebook untuk memblock akun yang sudah tidak bisa ditolong, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu meminta facebook mengirim konfirmasi untuk reset password ke email atau nomor telepon yang kamu cantumkan saat mendaftar facebook. Sayangnya, kadang hidup tidak semudah itu.. ups, maksudku mengembalikan akun facebook yang sudah dihack agar menjadi milik kita lagi tidak semudah itu.. hihi. Ya, hacker zaman sekarang sudah lebih professional dan lebih jeli untuk memutus hal-hal yang bisa dilakukan si pemilik akun facebook untuk mendapatkan akses ke akun facebooknya kembali. Jika dulu hacker hanya mengubah password agar si pemilik akun tidak bisa masuk, sekarang ini hacker juga mengubah email atau nomor telepon yang tertaut dengan akun facebook tersebut. Baik email atau nomor telepon utama (yang digunakan saat mendaftar dan login facebook) maupun email/ nomor telepon pemulihan.

Masalah yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna facebook zaman now adalah

1. Password facebook diubah oleh hacker, email/nomor telepon untuk login tetap dan pemilik akun facebook masih memiliki akses ke alamat email/nomor telepon tersebut.

2. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap, tapi si pemilik akun facebook sudah tidak punya akses ke email tersebut (misalnya karena lupa password email, email diblokir karena terlalu lama tidak dibuka, dan sebagainya)

3. Password facebook diubah oleh hacker, email untuk login tetap tapi sudah tidak bisa diakses (misalnya karena lupa password, dan sebagainya), dan email pemulihan diubah oleh hacker, sehingga si pemilik akun facebook tidak bisa meminta link untuk reset password ke pihak facebook

4. Password facebook dan email yang digunakan untuk login dan email pemulihan sudah diubah oleh hacker (untuk kasus ini, biasanya akan muncul tulisan “email anda tidak terdaftar / tertaut dengan akun facebook manapun”.

Untuk masalah pertama, akun facebook yang dihack masih bisa diselamatkan dengan cara Reset sandi facebook yang lupa disini . Sedangkan untuk masalah kedua, akun facebook yang sudah dihack bisa kembali ke tangan kamu dengan cara yang akan aku tulis di bawah dan/atau di tulisan sebelumnya di sini.

Nah, untuk masalah yang ketiga, jujur saja sampai saat ini aku pun tidak tahu bagaimana cara untuk mengembalikannya. Saran saya adalah laporkan akun facebook anda yang dihack tersebut ke pihak facebook. Untuk caranya, bisa dibaca disini: Cara hapus permanen akun fb yang di bajak.

Nah, langsung saja ya.

Begini cara untuk mengembalikan akun facebook yang dihack/ dibajak terbaru versi 2

Aku ingatkan sekali lagi ya, cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Oh iya, disini aku menggunakan facebook via web browser, terserah dari PC atau smartphone, yang jelas

1. Masuk ke laman utama login facebook
2. Pilih pusat bantuan
3. Ketuk kotak kebijakan dan pelaporan
4. Pilih akun yang dibajak dan palsu
5. Pilih sepertinya akun saya diretas atau seseorang telah menggunakan…………..
6. Ketuk link kunjungi halaman ini
7. Pilih akun saya dibobol
8. Masukkan email utama yang biasa digunakan untuk login
9. Masukkan password lama, jika muncul peringatan maka ketuk tulisan “yang baru”
10. Setelah itu pilih tidak punya akses ke sini lagi
11. Ketuk saya tidak dapat mengakses email saya
12. Silahkan masukkan email yang bisa kamu akses, pastikan email yang kamu masukkan tidak pernah kamu gunakan untuk akun facebook manapun. Lebih amannya buat saja email baru. Untuk caranya bisa kamu baca disini
13. Isi form yang muncul di laman facebook kamu. Untuk tautan URL ke linimasa, kamu bisa melihatnya terlebih dahulu menggunakan akun facebook lain (bisa buat baru atau minta tolong ke teman). Dengan akun tersebut, buka profil facebook kamu yang sudah dihack, salin URL yang muncul, lalu paste di kotak tautan URL ke linimasa 
14. Tunggu beberapa saat, bisa satu jam atau lebih. Sabar saja ya. Facebook akan mengirimkan tautan ke email yang kamu masukkan (no 12)
15. Masukkan password/ kata sandi baru
16. Pilih tinjau perangkat lainnya dan ketuk keluar dari semua sesi
17. Silahkan masuk facebook seperti biasa. Dan hualaaaa… this is it….

Bagaimana? Apa kamu juga sudah berhasil mengambil akun facebook kamu kembali? Sekali lagi aku ingatkan cara ini hanya bisa digunakan jika alamat email utama yang kamu daftarkan ke facebook (untuk login) tidak diubah oleh hacker. Sehingga akun facebook kamu masih ada ketika dicari menggunakan akun facebook lain. Nah jika sudah bisa, maka sedikit tips untuk pengamanan saja, aktifkan autentikasi dua faktor facebook. Juga pemberitahuan jika ada perangkat asing yang mencoba mengakses akun facebook kamu. Dengan begitu jika terjadi gerak gerik yang mencurigakan di akun facebook kamu, kamu bisa langsung mengambil tindakan.

Selain itu, berhati-hatilah ketika membuka tautan web yang dibagikan teman di facebook, seperti artikel-artikel viral, aplikasi yang sifatnya untuk hiburan, dan sebagainya. Jika web tersebut meminta izin untuk membaca data pribadi kamu, sebaiknya jangan dibuka. Jika ingin mendapatkan informasi terbaru ataupun viral, lebih baik kunjungi web tersebut langsung melalui search engine seperti google chrome, yahoo, bing, dan sebagainya. Dengan begitu, data yang kamu masukkan di akun facebook kamu tidak akan terlibat.

Nah, aku rasa ini dulu yang bisa aku tulis di artikel kali ini. Jika ada tambahan, sanggahan, kritik, maupun saran atau boleh juga pertanyaan silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ?

This Post Has 109 Comments

  1. Avatar
    Akhwan

    Maksaih banyak kak…
    Semoga allah meridhoi apa yang dilakukan kakak…
    Terima kasih banyak mbak,ini mau saya coba

  2. Avatar
    Akhwan

    Kak…kok lama banget kak… Lebih dar 5 jam kak… Sampai sekarang… Kemudian setelah saya ulangi ada tulisan id anda telah kiim… Dan katanya mohon tunngu

    1. Avatar
      Fitri

      Bantu jawab, dtunggu aja besok. InsyaAllah dapat email. Saya tadi malam juga spt itu

  3. Fitri

    Alhamdulillah, terimakasih fb saya kembali. Sangat bermanfaat.
    Cara ngapus ID kita yg di unggah ke fb pada step 13 gmana kak? Saya unggah ktp, takut disalahgunakan.

  4. Avatar
    Rofi

    Kak,, tanda pengenalnya diisi apa?
    Kalau pakai foto profil FB bisa apa nggak Kak

    1. Avatar
      yudha

      ktp atau sejenisnya mas.. SIM/KTP/ kartu pelajar, yg penting kartu identitas resmi…

  5. Avatar
    Agus

    Selain foto ktp apa bisa mas
    Misal akte kelahiran,kartu kerja dll
    Akun kena hack email,nohp sudah diganti semua

  6. Avatar
    Nia

    Mksih kaka… Fbku dah balik…
    Barokallah… Ilmux bermanfaat…

    1. Avatar
      yudha

      sip deh.. senang bsa membantu.. 🙂

  7. Avatar
    Gusrina

    Syukron kaka.. fb sya sudah kembali.. ilmunya sangat bermanfaat

    1. Avatar
      yudha

      alhamdulillah deh bisa terbantu.. 😀

  8. Avatar
    Haura

    Kak aku cuman bisa sampai di step 12 pas masukin email baru katanya gini Maaf. Sepertinya Anda sudah mengunggah ID. Kami akan segera menghubungi Anda setelah selesai meninjaunya.” itu harus nunggu verifikasi lagi? Trus ntar pmbritahuan verifikasi nya msuk email kan?

    1. Avatar
      yudha

      itu artinya mba udh pernah upload id dan belum di proses… kemungkinan karena masih dalam waktu dekat..

      biasanya mereka respon dalam 1-7 hari setauku…

      iya, diresponnya ke email yang dimasukkan di form sebelumnya… jadi tunggu aja email dari facebooknya disana… ini proses manual mba, jadi tidak bisa instant, dan tergantung seberapa padat kerjaan mereka, bisa memakan waktu lama memang…

  9. Avatar
    Sucimeilanny

    Kak mau nanya aku udah coba cara yg di atas, tapi aq belum melampirkan bentuk identifikasi nah aku coba lagi yg kedua buat pos ulang identitas menggunakan SIM itu bisa , setelah 3jam dapat email dari fecebook gini kak “sepertinya anda tidak melampirkan bentuk identifikasi yg sah pada permintaan anda,lampirkan salinan tanda pengenal anda” terus aq buka web nya buat post ulang tapi gk bisa “maaf,sepertinya anda sudah mengunggah ID.kami akan segera menghubungi anda setelah selesai meminjaunya” gitu kak padahal kan aq udah pos ulang SIM aku waktu nyoba yg kedua dan setelah mendapat email dr fecebook buat kelengkapan diri. aq mau post SIM lagi tapi malah ID nya gk bisa, apa harus coba lagi dengan ID baru kak dan waktu pilih kolom masalah anda itu yg mana yg harus dipilih kak.

    Mohon bantuannya, makasih..

    1. Avatar
      yudha

      email pertama yang mba dapet itu balasan untuk percobaan mba yang pertama kali itu.. yang ga ngelampirkan apa2..

      sedangkan percobaan kedua kali, belum di respon sama mereka..

      jadi pas mba mau coba yang ketiga kali, itu ga bisa, karena percobaan kedua masih di proses.

      ga ada yang salah disini kok, karena memang ini prosesnya manual, dan bisa memakan waktu hingga 1 minggu. Jadi mba ga perlu mikirin cara ulang ini itu, cukup tunggu aja email dari facebooknya untuk percobaan kedua mba tadi..

    2. Avatar
      Sucimeilanny

      Kak sampai sekarang kok belum ada balasan dari fecebook dapat balasan waktu yg pertama dulu yg “sepertinya anda tidak melampirkan bentuk identifikasi yg sah pada permintaan anda,lampirkan salinan tanda pengenal anda” nah sampai sekarang belum dapat blasan kak setelah aq coba lagi kirim ID SIM ku. Mau ngulang lagi cara nya tpi email nya gk bisa karna sudah menggunakan ID email tersebut, apa bikin email baru lagi kak terus coba lagi cara ini lagi,
      Tolong sarannya kak…

    3. Avatar
      yudha

      coba bales email yang waktu itu mba.. yang waktu ada pesan “sepertinya anda tidak melampirkan bentuk identifikasi yg sah pada permintaan anda,lampirkan salinan tanda pengenal anda” ..

      coba bales, dan lampirkan tanda pengenal mba langsung disana.. jelaskan bahwa mba udah coba sekali lagi dan melampirkan tanda pengenal, tapi setelah nunggu beberapa hari ini tidak ada respon dari mereka, akhirnya mba bales di email tersebut dengan menyertakan lampiran.. dan minta kemereka untuk bantu masalah akun ini.. jelasin akunnya di hack dan mba perlu akses kesana kembali..

      ga perlu buat email baru lagi mba, masalahnya bukan di emailnya, tapi diakun facebooknya seperti nya..

  10. Avatar
    Kezia

    kak pada langkah 13,, aku kurang ngerti di URL itu…
    Bisa tolong di bantu.?

    1. Avatar
      yudha

      ga ngertinya di mana mba?

      url disana diminta link profile mba.. link profile itu link yang keliatan di address bar di browser saat kita buka laman profile mba.. misalnya laman profil ku bisa diakses lewat sini fb.com/themuhammadyudha, coba buka itu di browser, cek nanti di address barnya.. harusnya keliatan ntar seperti ini https://www.facebook.com/themuhammadyudha

      jadi yang di masukin itu url yang sperti ini “https://www.facebook.com/themuhammadyudha” tpi ya url ke akunnya mba…

  11. Avatar
    Iko Lim

    Makasih banyak gan akun saya sudah balik lagi..
    Langsung aku share ke temen saya yang mengalami hal serupa…
    Kalo bukan karena artikel ini akun saya gak bakalan balik lagi..
    Sekali lagi terima kasih banyak gan..

    1. Avatar
      yudha

      sip deh mas gan.. senang bisa membantu.. 🙂 thanks untuk share-nya..

  12. Avatar
    Syamsul Hans fazri

    Mas yudha fb saya sudah bisa di buka lagi terimakasih atas ilmunya yah mas sangat bermanpa’at dan membantu,owh iya untuk skalian ganti nomor di email yahoo nya gmna mas soalnya tadi gak bisa kebuka email yahoo saya nya mas.

    1. Avatar
      yudha

      sama-sama mas.. senang bisa membantu… ini penulisnya yang keren mas…

      untuk ganti nomor di email yahoo tinggal ganti dibagian setting nya mas.. kalau susah masuk ke akun yahoo, coba hubungin support yahoo, hal ini dibahas dilaman ini :

  13. Avatar
    Mbee Gaming

    Ka saya sudah mendapatkan balasan dari facebook tapi balasanny berbeda balasannya seperti ini “sepertinya anda tidak melapirkan bentuk identifikasi yang sah pada permintaan anda. Sebelum anda mengirimkan salinan tanda pengendal yang sah” itu maksud nya apa ya kak? Mohon bantuannya ya kak padahal saya sudah mengikuti semua petunjuk kaka.. Terimakasih

    1. Avatar
      yudha

      disana dijelaskan bahwa kartu identitas yang mas upload tidak sesuai dengan yang diminta.. mas uploadnya apa? scan atau foto dari KTP/SIM ga? balas aja disana, kirimkan kartu identitas sesuai yang diminta..

  14. Avatar
    Eca

    Kak saya sudah coba tapi berhenti di step 11, step 12 nya ngga muncul. Yang muncul malah pemberitahuan bahwa tim fb tidak bisa mengidentifikasi karna saya ngga punya akses lagi, dikasih 2 pilihan selesaj dan buat akun baru. Tolong bantu kak

    1. Avatar
      yudha

      saranku, coba lagi, tapi pakai perangkat, jaringan dan lokasi yang dikenal.. kalau bisa pakai browser/aplikasi yang biasa dipake akses akun tsbt dan masih ada cache serta cookies akun tsbt..

      itu sih mba…

      atau kalau mau, coba lewat sini: https://www.facebook.com/help/contact/357439354283890/
      tapi lebih bagusan coba lewat diatas sih..

  15. Avatar
    Eca

    Tetap ga bisa kak. Trus cara laporin biar akunnya di hapus aja gimana?

  16. Avatar
    Lucille

    Mau nanya kalo email yg lama kita lupa paswordnya dan jg sdh di ubah dg dia. Nah lita mau reset password trua tnyata wmail.alternatibe juga sdh diganti dia bagaimana?

    1. Avatar
      yudha

      buat email baru, dan ikutin cara diatas mba.. bisa harusnya… nanti verifikasinya dengan kartu identitas…

  17. Avatar
    Tiara pujalstr

    Fb aku di ganti sandi sama mantanku aku takut dia menyalahgunakan akun aku.. aku mau ganti sandinya ga bisa karna fb aku terhubung sama akun yahoo tpi akun yahoo aku udh gatau kmnaa untuk kirim kodenyaa.. aku harus gmnaa inii yaa😭

    1. Avatar
      yudha

      verifikasi identitas seperti diatas mba..

      atau bicarain baik2 ke si mantan.. karena jelas dia yang ambil..

      kalau ga bisa, atau dia ngelakuin yang aneh2, bisa laporkan kepolisi atas nama pencemaran nama baik.. sekarang pun sebenarnya sudah bisa dilaporkan ke polisi, ini dasar hukumnya https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt50c51cada600a/hukumnya-membajak-akun-facebook-orang-lain/

      tinggal pilih aja langkah yang pling sesuai menrut mba.. ingat akun mba itu haknya mba..kalau dia ga mau ngasih padahal udh dibicarain baik-baik, ambil langkah tegas..

  18. Avatar
    Syazeza

    Boleh bertanya: Tautan yg admin Copy Dari mana ngambilnya ya min?

    1. Avatar
      yudha

      tautan yang mana mba?

      kalau mba nanya url profil facebook, itu diambil dari address bar saat mba akses profil fb mba di browser…

      misalnya, url profil facebookku itu ini : https://www.facebook.com/themuhammadyudha

  19. Avatar
    camtasia

    ijin bertanya kak, untuk memulihkan akun facebook yg diretas haruskah kita menggunakan ponsel yg sering kita pakai? sedangkan ponsel tersebut sudah tidak ada, atau di ganti, gmna ya kak solusinya, mohon di bantu

    1. Avatar
      yudha

      harus sih engga mba.. tapi lebih baik iya.. karena ponsel lama itu bisa jadi salah satu penanda bahwa yang mencoba proses reset adalah pemilik sah akun… Jadi tidak wajib, tapi sangat disarankan..

  20. Avatar
    Hendi

    Bang akun saya di hack dari hari kamis saya udah coba seperti yang abang kasih tau di atas.
    Tapi dari pihak facebook belum juga kirim email bang bahkan sudah 2 hari ini minta bantuan nya bang

    1. Avatar
      yudha

      sayangnya, 2 hari masih tergolong sebentar mas.. dari komentar dan pertanyaan teman2 pengunjung ke aku, itu ada yang sampe seminggu atau lebih..

      dan sejauh yang aku tau, tidak ada cara untuk memaksa support fb untuk merespon request kita lebih cepat..

  21. Avatar
    Putri

    Kak kalo masalahnya dihack kata sandinya terus username sama foto profilnya diubah, sedangkan post yg dulu² masih ada punyaku. Gimana itu kak?

    1. Avatar
      yudha

      dicoba aja mba.. kalau tau diubah, berarti mba nemu url akunnya kan ya?

      kalau iya, bisa harusnya dihubungin pihak facebooknya..

  22. Avatar
    siska

    hai kk..
    saya telah mengikuti caranya tp fb saya tidak bisa terbuka kk
    gmn kk tolong bantuannya
    tq

    1. Avatar
      yudha

      mengikuti sampai dimana mba?
      ini bukan proses instan, tunggu respon dari pihak facebooknya, bisa sehari dua hari bahkan seminggu.. jadi proses yang mba kerjakan sudah sampai dimana?

  23. Avatar
    Farhan maulana

    Pas udh di step 13 terus masuk ke step 14 link yg di kasih nya kok beda malah jadi bulak balik tolong segera di beritahu kak

    1. Avatar
      yudha

      step 14 itu inbox email mas.. mas buka sendiri di browser atau aplikasi email yang mas gunakan…

  24. Avatar
    panjihidayah

    mohon bantuannya gan…saya mau bukk fb. saya lupa kata sandi..dan nomor hp yg saya masukkn d fb pun sdh gak saya pakai lagi/hilang…ketika saya klik lupa kata sandi dn fb fb suruh carik akun saya,dan saya crik akun saya tetapi tidak ketemu gan… gimana ya gan mau bkk fb sya ?

    1. Avatar
      yudha

      ya harus dicari akunnya mas… kalau engga akun mana yang mau dibuka…? iya kan…

      terakhir buka kapan emangnya? udh coba cek lewat akun keluarga, bisa ditemukan ga akun masnya disana…

  25. Avatar
    Rijal haikal

    maaf mas saya sudah sampai step mengirim tapi saya gak melampirkan tanda pengenal saya mas.. saya udah membalas email dari facebook denan melampirkan poto ktp sama kk mas.. tapi kok belum diresponse kenpa yha mas?

    1. Avatar
      yudha

      tunggu mas.. mereka memang suka lambat responsenya..

  26. Avatar
    Andi

    Kak . gimana caranya kalau step memasukan email baru itu gak muncul .. Katanya gunakan perangkat yang biasa login . padahal saya loginya pke hp yang sama ..

    1. Avatar
      yudha

      aplikasi yang dipakai sama atau engga? kalo pake vpn, matikan dulu.. jaringan internetnya sama atau engga? sebisa mungkin semua kondisinya disamakan biar systemnya mudah deteksinya mas..

  27. Avatar
    Ryan ZM

    Maksudnya kak tidak ada akses email katanya jd saya gabisa lanjut ke step selanjutnya buat masukim email recovery nya gmna ya kak?

    1. Avatar
      yudha

      ini langkha 11 ya? saranku untuk coba diperangkat/jaringan/lokasi yang dikenal… biasanya masalahnya disana..system ga yakin kalau yang mencoba proses recover adalah pemilik akun sah..
      nah untuk meyakinnya, ya pakai browser/app dan hp yang biasa dipakai, jaringan yang biasa dipakai, dan lokasi (seperti rumah atau kantor) tempat biasa mengakses akun tsbt..

  28. Avatar
    Cindy

    Mas mau nanya dong. Saya kan udah konfirmasi identitas. Pake NPWP. Tapi gabisa katanya pake identitas yg nyantumin nama, tanggal lahir sama foto. Saya konfirmasi lagi pake KTP. KTP nya sudah sesuai dengan nama fb, tanggal lahir di fb, sama foto juga. Cuma ttp gagal. Itu kenapa ya

    1. Avatar
      yudha

      kalau gagal jg ada dikasihnya penjelasan ga mba? soalnya biasanya kalau udh benar, selalu dikasih balik akunnya..

  29. Avatar
    Nita

    Ka saya sudah gunain step semuanya lalu ada balasan ke email syaa kaya gini..
    Kami sudah meninjau laporan Anda, tapi sepertinya permasalahan terkait akun Anda sudah terselesaikan. Jika masalah kembali muncul, cukup balas email ini dengan menyertakan informasi terperinci, dan kami akan melakukan upaya terbaik untuk membantu Anda.
     
    Jika Anda mempunyai pertanyaan tambahan tentang fitur, pembaruan, atau kebijakan Facebook, kami sarankan agar Anda mengunjungi Pusat Bantuan:
     
    https://www.facebook.com/help/?ref=cr
     

     
    Terima kasih,

    Beda balesannyaa dengan yg kka upload..

    1. Avatar
      yudha

      udh terselesaikan belum masalahnya mba? kalau belum, tinggal balas di email tersebut, dan jelaskan bahwa akun masih ditangan hacker, dan belum terselesaikan sama sekali…

  30. Avatar
    Mira

    kak, tolong dong di step 11 itu saya cuma punya akses no hp tidak ada email, dan sy juga ga ada nomor nya lagi, itu gimana ya kak?
    Facebooknya blg “Silakan coba untuk masuk dari perangkat yang biasa Anda gunakan atau lokasi tempat biasanya Anda berada saat menggunakan Facebook. Jika Anda masuk dari perangkat atau lokasi yang dikenali, kami akan dapat memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik akun tersebut dan akan membantu Anda mendapatkan akses kembali.” Mohon bantuan nya kak:((

    1. Avatar
      yudha

      itu disarankan pakai perangkat dan lokasi yang dikenali mba…
      selama ini mba facebookan pakai apa? kalau pakai hp, ya ulangin prosesnya di HP tersebut, jangan dikomputer warnet atau di perangkat lain…

      mba biasa fb.an dimana? dirumah? dikantor? kalau dirumah, ulangin proses ini di HP yang dikenali, dirumah mba.. ini karena facebook menyimpan posisi kita (lewat gps dan jaringan internet bisa diketahui posisi kita)…

  31. Avatar
    Adhit Putra Prasetyo

    Bang, akun FB gua bisa masuk tapi pas masuk minta kode verifikasi, nah tapi kode verifikasi nya itu bukan nomer gua. Melainkan nomer +1 862 227 2608
    Nah jadi gimana bang langkahnya, gua mau ikutin langkah lu juga gabisa soalnya gua masuk ke FB aja gabisa, dan gua mau salin URL profil gua, gua cari di FB temen gua, gada nama gua di FB. Tolong ya bang bantuan nya, soalnya itu akun penting bgt, banyak akun yg di kaitkan di FB
    Terimakasih bang

    1. Avatar
      yudha

      ya mau ga mau harus di cari urlnya mas… ga harus masuk ke fb kok.. cek url fbku disini

      fb.com/themuhammadyudha

      mas ga perlu login ke fb untuk lihat profilku.. sama juga harusnya dengan mas…kalaupun ga nemu, bisa buat fb baru dan cari dulu sampe ketemu url akun mas tsbt.. karena kalau ga gitu, fb ga bakal tau akun mana yang ingin diverifikasi…

  32. Avatar
    Latief

    Mau nanya kak
    FB saya dinonaktifkan sama fecebook
    Cara untuk login kembali gimana kak?
    #MohonBalas
    #Terimakasih

  33. Avatar
    Dk's

    kak.. kok ga ada tampilan di no 12 ?
    Abis ss no 11,, beda tampilannya
    Ga ada tmpat masukin email baru

    1. Avatar
      yudha

      ulangi prosesnya di perangkat, jaringan, lokasi yang dikenal…. kalau biisa diaplikasi yang sama yang biasa dipakai akses akun tsbt,, karena biasanya disana akan tersimpan cookies akun yang bisa membantu system mengenali bahwa perangkat mas tsbt memang benar pernah dipakai untuk akun tsbt..

  34. Avatar
    Rusty

    Kok aku klo 12 tdk nampil yah. Minta bantuannya

    1. Avatar
      yudha

      Baca responku dikomentar sebelumnya mas.. sama itu pertanyaannya…

  35. Avatar
    Baron

    Misi mas klw fb di hack/bajak di pencarian juga gak ada yea
    Ini email fb saya ([email protected])

  36. Avatar
    iyus

    udah coba, cuma saya sampe step 8 aja.. trus mslahnya jg alamat email yg biasa saya pakai kyaknya udah di hapus sama yahoo..kira2 bisa gak saya aktifkan lgi email sama akun facebook saya..

    makasihh

    1. Avatar
      yudha

      bisa mas… dengan verifikasi identitas itu bisa dengan email baru.. buat aja email baru.. tapi memang kemungkinan berhasilnya tidak setinggi kalau pakai email lama… dicoba aja sih….

  37. Avatar
    archanarki

    hallo,kok ada tulisan bgini mas setelah step 11
    Tidak Ada Akses Email
    Kami minta maaf Anda mengalami kesulitan memulihkan alamat email Anda. Sayangnya, ini berarti kami tidak dapat memverifikasi siapa Anda atau memberikan Anda akses ke akun Facebook yang Anda coba masuki. Kami dapat menyembunyikan informasi pada akun Facebook Anda jika kami mendeteksi bahwa Anda tidak bisa mendapatkan kembali akses ke sana.
    trimakasih.

    1. Avatar
      yudha

      itu karena system ga yakin bahwa yang melakukan reset adalah benar pemilik akun.. itu kenapa aku berkali2 sarankan, dan udh respon jg dikomentar2 sebelumnya… untuk melakukan proses diatas, di perangkat, jaringan, dan lokasi yang dikenal.. kalau bisa diaplikasi yang sama dengan yang biasa dipakai buat akses fb, karena biasanya ada cookies dari akun fb disana…

  38. Avatar
    fitri

    Masukkan 6 digit kode dari Generator Kode itu gimana mas,saya bingung disitu

    1. Avatar
      yudha

      generator kode itu sejenis aplikasi keamanan yang menggenerate kode 6 angka tiap beberapa detik untuk aplikasi mas… susah dijelasinnya, aku sendiri pakai “google authenticator” untuk mengunci akun2 penting ku seperti akun google, paypal, server hosting, dlll… dengan begini, walaupun ada orang yang tau password akun tsbt, mereka tetap tidak bisa masuk selama mereka tidak ada akses ke aplikasi generator yang ada di hpku…..

      fungsinya sama seperti langkah autentikasi dua faktor di fb, tapi aplikasi generator ini bisa dipake dibanyak tempat dan cenderung lebih aman…

  39. Avatar
    taufik

    bang akun fb ku dibajak dan di sandra karena terhubung ke pubg.. gimana cara ngambilnya?? dia minta tebusan kalo ingin akunku di kembalikan.. apa bisa diambil.

    1. Avatar
      yudha

      dicoba aja mas.. harusnya bisa…. jangan dbayar… coba recover aja, ikutin proses diatas… dibayar pun belum tentu dibalikin itu….

  40. Avatar
    Rofik

    Ka yuda aku udah ikutin cara yang ke 2 tapi ngga muncul tulisan silahkan isi formulir itu bagimana ka

    1. Avatar
      yudha

      kalau langkah 13 ga muncul, itu artinya system fb tidak yakin percobaan recover ini dilakukan oleh pemilik sah akun mas….

      Fb sendiri menyarankan untuk lakukan proses ini, di PERANGKAT, JARINGAN, dan LOKASI yang dikenal… jadi kalau biasa buka akun fb tsbt di rumah dengan jaringan telkomsel, maka lakukan prosesnya dirumah, dengan jaringan telkomsel, dengan perangkat/hp yang sama dan kalau bisa di aplikasi yang sama (masih ada cookies dari fb).. itu sih setauku mas.. 😀

  41. Avatar
    fitri

    masih bingung di Generator Kode

    1. Avatar
      yudha

      ini udh aku jelasin sebelumnya dikomentar mba yang beberapa minggu yg lalu ya… kode generator itu adalah aplikasi yang menghasilkan kode… contoh aplikasinya “google authenticator”, mba bisa cari dan donwload aplikasinya di playstore…

      untuk bisa masuk dengan generator kode ini, mba perlu setting dulu di awal.. sama seperti kita setting fitur authentikasi dua faktor dengan nomer hp, fitur authentikasi dua faktor dengan generator kode ini perlu disetting diawal… susah dijelaskan kalau mba ga pernah pakai aplikasinya :D…

      intinya, kalau mba ga pernah setting aplikasi beginian, kemungkinan yang settingnnya adalah hacker akun mba…cmiiw.

  42. Avatar
    Alfie

    Setelah step 11 koq gak ke step 12 dst ya .. tp opsinya selesai atau buat akun baru

    1. Avatar
      yudha

      itu system ga yakin kalau yang coba reset sandi adalah pemilik akun yang sah.. saranku untuk ulangin di perangkat, jaringan dan lokasi yang dikenal,.. kalau bisa pakai browser yang sama dengan ketika fb-an, karena ada cookies akun fb disana yang jg bisa membantu membuktikan identitas kita kesystem…

  43. Avatar
    Rizki

    Sebelumnya makasih mas atas “topik ” yang dibahas disini.sangat bermanfaat untuk saya pribadi..Facebook acount.serta password sudah diganti saat recovery alamat email sudah diganti. saya mencari dengan alamat email lama tidak diketemukan atau tidak tertaut dengan akun manapun…saat saya laporkan Facebook..untuk blokir # akun tersebut tidak melanggar ketentuan manapun…..terpaksa pake FB istri..padahal penting…dulu kena web phising….berharap bisa dibantu..makasih mas atas waktunya….sekedar mengeluarkan unek-unek unek..heehe

    1. Avatar
      yudha

      sip deh…. memang kalau udh dihack, sulit balikinnya, tapi bukan berarti ga bisa sih… selama kita bisa buktiin ke system dan ke support fb bahwa itu akun kita, maka akun pasti balik mas…

      pihak fb tentunya tidak ingin hacker yang pakai akun kita.. mereka udh desain system sedemikian rupa untuk keamanan akun…tinggal dari kitanya lagi lebih jeli didunia internet…

      semoga akunnya bisa balik lagi mas.. 🙂

  44. Avatar
    Dhona

    Mas yuda saya masih bingung sampai langkah masukkan nama dan url nya

    1. Avatar
      yudha

      Bingung dimana mba? kalau nama tinggal masukin aja nama asli, sedangkan url, itu link ke akun facebook mba…

    2. Avatar
      Yahya

      Tanda pengenal anda. Pilih file. Itu gimana bang? Kok saya gak bisa. Apa yg mau di pilih sedang kan file nya tidak ada muncul. Saya tekan kirim gak bisa. Di suruh ngisi. Kek mana itu bang?

    3. Avatar
      yudha

      hmm… pilih file ya tinggal pilih file mas..sama seperti milih foto yang mau diupload ke fb, atau milih foto yang dilampirkan di email.. mas tinggal pilih file foto tanda pengenalnya…

      jadi KTP atau SIM bisa mas foto atau scan dengan aplikasi scan.. nanti dapet lah file foto .jpg atau .png nya, file foto inilah yang nanti dipilih untuk dikirim..

  45. Avatar
    Nero

    ini menunggu verifikasi emailnya min. 1 jam??? tapi kalau dikira-kirakan bisa berapa jam???

    1. Avatar
      yudha

      verifikasi email gmana maksudnya mas? nunggu respon dari support bisa 1 hari sampe seminggu lebih mas… support facebook itu manual dilakukan oleh tim support, dan beban kerja mereka tergantung dengan seberapa banyak ticket support yang perlu direspon.. sedangkan kecepatan balasnya ya tergantung posisi ticket support mas di antrean… kalau lagi banyak yang minta support, bisa jadi permintaan mas belum bakal diproses dibeberapa hari pertama…

  46. Avatar
    Tala

    Mas permisi saya sudah lakukan cara ini tetapi di balas Oleh pihak fbnya “Kami sudah meninjau laporan Anda, tapi sepertinya permasalahan terkait akun Anda sudah terselesaikan. Jika masalah kembali muncul, cukup balas email ini dengan menyertakan informasi terperinci, dan kami akan melakukan upaya terbaik untuk membantu Anda” jadi harus gimana bang mohon bantuannya karena akunnya sedikit penting mas mohon pencerahannya

    1. Avatar
      yudha

      dibales aja mba… langsung tekan tombol reply di email tsbt, dan jelaskan bahwa masalahnya belum selesai, dan jelaskan detailnya masalahnya langsung…

  47. Avatar
    Aditya

    Bang bantuin saya lah bang akun facebook saya udh coba beberapa cara ttp gk bisa juga gimna ya bang pls lah bang tolong saya

    1. Avatar
      yudha

      tinggal ikutin cara yang ada mas… aku juga pengguna biasa, ga bisa bantu banyak selain bantu jelasin….

      fb sendiri menyarankan untuk melakukan proses ini di perangkat, jaringan, dan lokasi yang dikenal… ini kenapa ga sembarang orang bisa cobain proses recovery buat akun kita, hanya mereka yang ada akses ke hp, jaringan, dan lokasi kita aja yang bisa..

      kalau mas awam/gaptek, minta bantuan keluarga untuk hal ini, kasih mereka akses ke ponsel mas, karena kalau ga gitu, ga bakal berhasil…

  48. Avatar
    Aditia

    Saya lagi nunggu email dari FB nya

    1. Avatar
      yudha

      silahkan tunggu mas.. sabar aja..

  49. Avatar
    Meily

    Kak, fb aku 3 hari yg lalu di bajak trus smpat ngikutin saran kk. Smpe upload ktp tpi fbnya skrang gk bsa di bka, muncul gambar gembok dan kunci. Kmarin jga sdh smpat bka email lma tpi sdh smpe di thap upload ktp. Trus skrang tiap memasukkan email difb sdh tidak ada pngguna yg pke email aku itu. Gima dong kak???
    Tpi fb aku itu msh ada di fb lite akunnya tpi nda bsa di masukkan email 😢

    1. Avatar
      yudha

      cek email dari facebook mba, apa kelanjutan dari upload ktp tadi? jangan diganggu dulu akunnya ssampe dapet respon dari support fb, kalau udh dapet, tinggal ikutin instruksi mereka selanjutnya.

  50. Avatar
    Malino

    Mas yudha biasa nya proses pemulian akun nya brapa lama .. soal nya tadi aku sudah ikuti aturan seperti di atas … tapi blum dapat .. sms masuk dari fecebook ? Biasa nya brapa lama proses nya

    1. Avatar
      yudha

      kalau yang manual seperti diatas, itu ga bisa di prediksi mas.. kalau lagi rame yang perlu diurus oleh pihak support, bisa jadi lebih lama waktu tunggu hingga permintaan/request kita di tinjau oleh mereka..

      kalau yang lewat system, biasanya instant.. kalau manual, tidak menentu, waktu tunggu wajar adalah satu minggu…

  51. Avatar
    Mahir

    Cara yg ke 13. Aku gak muncul .yg muncul lain
    Di minta teman yg di percaya,untuk mengrimkan kode.

    1. Avatar
      yudha

      kalau gitu ikutin aja mas.. tinggal hubungin teman2 yang mas set sebelumnya,,,

  52. Avatar
    Naufalend

    Misi,kok punya saya kalo mau reset sandi kok harus konfirmasi identitas dulu yah tulisannya “seseorang mungkin telah masuk Ke akun Anda” Cara ganti trus ambil FB nya lagi gmna mohon bantuannya..

    1. Avatar
      yudha

      ya akunnya dihack itu kan mas? ikutin aja, kalau diminta konfirmasi ini itu, ikutin aja sih… Disana diminta apa ya mas? apakah cuma diminta tinjau, atau ada yang lian? soalnya biasanya kalau dihack, ga bisa login…

  53. Avatar
    Rica

    Kak itu pakek browser apa ya? Kok saya gaada pusat bantuan nya.. trus saya cari di google pusat bantuan fbnya. Ngikutin step di atas tapi pas kunjungi halaman ini, beda kayak di atas. Minta login email trus password. Sedangkan di atas cuman email doang. Jadi gak bisa lanjut ke step9 ny.. tolong kak..

    1. Avatar
      yudha

      kalau mba udh di step 9 itu harusnya masukin aja password lama, itu di step 9 diminta password kok..

      sepertinya memang ada perubahan dari system fbnya mba, nanti kita akan update ulang tulisannya…untuk sementara, mungkin mba bisa cek blog lain yang bahas ttg hal ini jg di google…

Tinggalkan Balasan