Cara main head quiz dengan filter headquiz di Instagram

  • Post Author:
  • Post Category:Instagram
  • Post last modified:Februari 24, 2020

Salah satu filter yang sedang naik daun saat ini adalah Headquiz. Headquiz sendiri merupakan sebuah filter atau stiker dimana kalian bisa bermain bersama dengan cara menebak sebuah gambar dengan teman kalian.

Setelah dishare oleh creatorny, filter ini memiliki banyak sekali peminat. Bahkan para selebgram tanah air banyak yang ikut memainkan filter ini. Ini dikarenakan selain mudah dimainkan, permainan tebak gambar ini cukup seru untuk dimainkan ketika sedang ngumpul dengan teman teman.

Selain itu kalian bisa merekam permainan kalian dan dijadikan Instastory untuk di share ke teman-teman lainnya.

A. Cara mendapatkan dan menyimpan filter headquiz

Headquiz bukanlah sebuah filter yang ada secara default di pilihan filter kalian. Untuk mendapatkan filter headquiz kalian harus memfollow dan menyimpan filter ini dari akun kreatornya @karetsatu.

Ok langsung aja, berikut langkah-langkah untuk mendapatkan filter headquiz.

1. Masuk ke halaman aplikasi Instagram kalian. Lalu tap “ikon pencarian”.

Tap Pencarian

2. Selanjutnya kalian cari akun dengan username @karetsatu, dengan nama pemilik akun adalah Noorman Fakhrizal. Digambar dibawah ini, akunnya urutan satu.

Cari akun @karetsatu

3. Di bio @karetsatu ini, kalian follow dulu akun instagramnya. Setelah itu, tap “Filter effect” yang ada dibawah tombol follow tsbt.

Pilih Filter Effect

4. Di penjelasan filter effect ini akan ada banyak jenis filter yang di percontohkan. Semua filter disini adalah buatannya @karetsatu, kalian tinggal tunggu sampai ketemu filter effect headquiz. Setelah ketemu filter effect headquiz seperti dibawah, swipe keatas dibagian layar kalian untuk melihat effect filter.

Swipe ke atas

5. Dengan swipe ke atas tadi, kalian bisa testing filternya terlebih dahulu. Tapi tujuan kita disini bukan untuk testing, jadi jangan diapa-apain dulu. Ikutin langkah berikutnya.

arahkan kamera kewajah teman

6. Jika kalian tidak ingin setiap kali kalian mau pakai filter ini harus buka akunnya @karetsatu, kalian perlu menyimpan filter effectnya. Untuk menyimpan, tekan tulisan “headquiz” seperti gambar dibawah.

Save Filter

7. Akan muncul beberapa opsi terkait filter ini, pilih “save effect” untuk menyimpan filter ini ke akun instagram kalian.

Save Filter

8. Jika sudah di simpan, akan muncul pop up seperti gambar dibawah, itu artinya filter headquiz sudah berhasil tersimpan ke pilihan effect filter di instagram kalian.

Filter Berhasil di Save

Jika sudah berhasil maka ketika kalian ingin membuat instastory, akan muncul pilihan stiker headquis dan bisa kalian gunakan kapanpun tanpa harus masuk ke akun @karetsatu lagi.

filter berhasil ditambahkan

Banyak sekali filter yang ditawarkan oleh akun @karetsatu seperti makan kerupuk atau filter efek kamera lainnya. Kalian bisa eksplore sendiri untuk mengetahui filter apa saja yang ada di akun @karetsatu ini. Selain @karetsatu dulu juga pernah ada fiter unik buatan @dvoshansky yaitu flying face yang sempat viral di indonesia beberapa tahun lalu..

B. Cara memainkan permainan Headquiz dengan filter headquiz

Jika filter Instagram lain biasanya hanya untuk membuat sebuah efek di foto, maka dengan HeadQuiz kalian bisa bermain tebak gambar dengan teman kalian. 

Sebenarnya tidak hanya tebak gambar, namun ada juga Headquiz tebak kata, atau bahkan, belum lama ini saykoji pernah bermain headquiz untuk nge-RAP.Cara bermainnya sama saja, namun pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara bermain Headquiz Tebak Gambar.

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu permainan tebak gambar, sebenarnya game ini sering sekali kalian lihat di televisi.

Game ini dimainkan oleh 2 orang dimana akan ada gambar yang diletakkan diatas kepala. Lalu ada 1 orang yang bertugas untuk memberi clue dari gambar tersebut. Orang yang memegang gambar diatas kepala harus menebak gambar tersebut.

Namun jika menggunakan filter ini kalian tidak perlu capek-capek menyiapkan gambar. Kalian cukup mengaktifkan filter headquiz tadi dan arahkan kamera ke kepala teman kalian, setelah beberapa saat maka kalian akan melihat gambar diatas teman kalian secara otomatis dilayar ponsel kalian. 

Permainan ini bisa dimainkan minimal oleh 2 orang. Jadi tidak bisa main sendiri. Kalau lagi rame, tetap bisa dimainkan, misalnya satu orang yang memberi clue, sisanya bantu menebak gambar, atau sebaliknya.

Sayangnya filter ini tidak bisa dimainkan secara online. Jadi jika kalian kepikiran main headquiz dengan follower kalian, ini sepertinya memang tidak bisa dilakukan untuk saat ini.

Berikut langkah simpel main headquiz dengan teman-teman kalian.

1. Masuk ke akun Instagram kalian.
2. Karena Headquis merupakan fitur yang ada di story Instagram, maka untuk mulai permainan, kalian perlu buka halaman pembuatan story.

Masuk ke Story

3. Dihalaman pembuatan story, kalian pilih filter headquiz.

Pilih Stiker Headquis
Pilih Headquiz

4. Untuk merekam, tap dan tahan dibagian filter.

Tap dan Tahan Tombol kamera

5. Tahan dan arahkan kamera ke arah teman kalian, seharusnya akan muncul gambar diatas kepala si-teman. Kalian tinggal kasih tau clue-nya, dan teman tinggal menebak sesuai petunjuk tadi.

Memainkan Headquiz

6. Permainan selesai jika teman berhasil menebak gambar tadi.

C. Filter headquiz tidak muncul

Jika setelah follow tidak muncul filter headquiznya, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Mungkin filternya tidak kelihatan diantara banyak filter yang ada. Itulah kenapa diawal dijelaskan untuk menyimpan filter tersebut, dengan begitu posisi filter akan berada di depan, sehingga tidak sulit dicari.

Pilih Stiker Headquis
posisi filter di depan

Jika filter tidak ada dibagian depan, dan tidak muncul di pilihan filter yang ada bahkan setelah dicari-cari, berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan.

1. Pastikan kalian sudah menyimpan filter tadi ketika melihatnya di akun kreator. Cek lagi bagian A diatas, ikuti langkah 6,7 dan 8, pastikan memang filternya sudah disimpan.

2. Tunggu 1-2 menit. Kadang memang filternya tidak langsung muncul, coba tunggu dulu beberapa menit sambil kalian browsing dan lihat yang lain di instagram.

3. Force stop aplikasi Instagram. Aku sempat mengalami hal yang sama, dan setelah memaksa berhenti aplikasi instagram, filter headquiz muncul dengan sendiri-nya setelah instagram dibuka.

4. Restart ponsel. Jika kurang yakin dan tidak tau cara “Force Stop” aplikasi instagram, cara paling efektif adalah dengan me-restart ponsel kalian. Dengan merestart ponsel, aplikasi instagram akan dipaksa berhenti saat ponsel mati, dan memulai ulang saat ponsel hidup kembali.

Seharusnya sampai disini filter headquiz sudah muncul di instagram kalian. Selamat mencoba.

D. Cara menghapus filter Headquiz

Jika kalian bisa menambahkan filter headquiz, maka kalian juga bisa menghapus filter tersebut dari aplikasi Instagram kalian. Hal ini dilakukan mungkin karena kalian bosan bermain Headquiz atau kalian menemukan filter lain yang lebih menarik untuk dimainkan. 

Berikut adalah cara menghapus filter headquiz yang sudah kalian save di Aplikasi Instagram.

1. Masuk ke halaman pembuatan story di instagram kalian.

Halaman Instagram

2. Disini, pilih filter Headquiz tadi.

Pilih Headquiz

3. Tap tulisan “Headquiz” yang ada dibagian bawah layar, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Tap Headquiz

4. Tap tombol “Save”. Setelah tombol save di tekan, tombol akan berubah seperti awal, seperti sebelum kalian menyimpan filter ini.

Tap Tombol Save

5. Seharusnya filter ini tidak akan muncul di urutan paling awal di halaman pembuatan story kalian. Jika kalian benar-benar tidak ingin melihat filternya lagi, kalian bisa unfollow creatornya tadi.

6. Selesai.


Itulah pembahasan lengkap terkait headquiz. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman terkait headquiz ini. Mungkin masih ada yang belum tau cara mendapatkan filternya, atau ada yang bingung kenapa filternya tidak muncul, diatas sudah dibahas semua mengenai hal ini.

Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa share tulisan ini ke teman-teman yang lain. Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan