Cara ganti password Gmail

Hai reader bukugue.com, gimana kabarnya? sehat selalu ya pastinya.

Kamu yang mampir ke blog ini mungkin lagi bingung buat ganti password/kata sandi gmail ya? karena lama gak ganti atau terima notif aktifitas mencurigakan, maka dari itu ingin cepat2 ganti.

Ok, kamu mampir di blog yang tepat. Pembahasan kali Ini berbeda dengan saat kamu lupa kata sandi gmail ya. Karena disini, kamu bisa haruslah bisa login ke akun emailnya, lalu mengganti password dari menu setting.

Oh ya, sebelumnya siapkan terlebih dahulu kata sandi baru kamu, dengan minimal 8 karakter (lebih panjang lebih bagus), kalau bisa gunakan kombinasi angka dan simbol.

Buatlah kata sandi yang kuat, tidak mudah di tebak, tapi mudah kamu ingat, lalu catat dan simpan di tempat yang aman hehe.

Ok. Langsung aja.

Disini aku menggunakan browser google chrome di hp android. Kamu bebas gunakan browser yang lain, tapi sebaiknya pakai browser yang sama biar tidak bingung. Disini aku juga sudah dalam keadaan login ke akun google tsbt, jadi bisa langsung masuk kebagian setting dilaman myaccount.google.com

Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke laman ini myaccount.google.com/security. Lalu scroll kebawah sampai ketemu pengaturan sandi seperti kotak merah dibawah ini. Lalu tap “Sandi”

Scroll keatas tap Sandi
tap “Sandi”

2. Kemudian kamu diarahkan untuk memasukkan kata sandi lagi. Lalu tap berikutnya.

Ya, disini kamu diminta masukkan kata sandi sekali lagi. Ini langkah pencegahan, supaya kalau akun kamu tertinggal dalam keadaan login di komputer publik, orang yang menemukan akun kamu tidak bisa mengubah sandi tanpa tau sandi lama kamu.

Masukkan kembali kata sandi, lalu tap berikutnya
Masukkan kembali kata sandi, lalu tap berikutnya

3. Lanjut di arahkan ke laman ganti password baru, gunakan password yang tadi sudah kamu siapkan. Masukkan sandi baru, lalu masukkan sekali lagi kata sandinya (konfirmasikan kata sandi baru). Jika sudah yakin menggunakan kata sandi baru tersebut langsung tap saja ubah sandi.

Masukkan 2x kata sandi baru, lalu tap ubah sandi
Masukkan 2x kata sandi baru, lalu tap ubah sandi

4. Ok, selesai sudah langkah2nya, sekarang password gmail kamu telah di ubah. Tertera peristiwa keamanan baru2 ini, bahwa sandi diubah.

Sandi telah diubah
Sandi telah diubah

Demi keamanan akun kamu kedepannya, silahkan aktifkan beberapa langkah keamanan akun, seperti fitur verifikasi 2 langkah, tambahkan nomor telepon ataupun email pemulihan.

Jika kamu belum masukkan nomor telepon dan email pemulihan, silahkan tambahkan dari sekarang guys.

Agar kedepannya kamu tidak mengalami kesulitan jika akun gmail di bajak atau lupa password.

Untuk email pemulihan, kamu bisa gunakan email lain kamu. Jika masih belum punya email lain silahkan buat akun email baru atau pinjam akun keluarga dekat yang benar-benar kamu percaya untuk dijadikan email pemulihan.

(Email pemulihan bisa dijadikan sebagai metode reset sandi, sering sekali kasus akun dibajak, itu karena pakai email pacar, pas lagi bertengkar, akun kamu malah dibajak. Ini kenapa penting untuk memakai email atau nomor sendiri.)


Mohon jangan berikan password kepada siapa pun. Dan gantilah password secara berkala, agar lebih aman. Apa lagi akun google kamu yang berhubungan dengan bisnis atau berkaitan dengan akses keuangan, akun Bank dll.

Capture gambar di atas adalah langkah2 yang real dan benar2 baru. Berhubung akun google aku udah dari tahun 2012 gak di ganti, jangan di tiru ya guys hehe.

Seperti yang sudah aku ulas di atas bahwa lebih baik ganti password secara berkala juga aktifkan keamanan lainnya. Catat yang berkaitan dengan password akun apapun itu, jika dirasa penting buat kamu, apalagi yang sadar diri kalau lupa-an, kayak yang nulis haha.

Ok, sekian semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan