Cara Reset Password Instagram yang Lupa dengan Email

Cara reset password instagram yang lupa dengan email tanpa nomor HP~ Lupa password instagram adalah hal yang banyak dialami oleh pengguna instagram. Kata sandi instagram memang perlu dirahasiakan supaya tidak disalah gunakan orang lain.

Namun setelah lama tidak login di akhirnya lupa kata sandi instagram. Sama halnya dengan ketika kita lupa password facebook, gmail, twitter, path, maupun lupa password akun yang lain.

Mereset dan mengganti kata sandi atau pasword instagram adalah pilihan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun instagram kita.

Mereset atau mengganti password instagram yang lupa bisa dilakukan dengan mudah. Sebelumnya pernah dibahas mengenai cara reset password instagram yang lupa dengan nomor HP.

Namun sayangnya terkadang kita sengaja tidak memasukkan nomor HP ketika mendaftar akun instagram. Karena instagram memang memberikan tiga pilihan untuk mendaftar instagram yaitu dengan nomor HP, email dan facebook. Maka cara lain yang bisa digunakan untuk reset kata sandi instagram yang lupa adalah dengan alamat email.

Cara ini cocok bagi kamu yang tidak memasukkan nomor HP saat mendaftar instagram. Atau mau reset pasword instagram dengan nomor HP tetapi nomor HP sudah ganti atau hilang.

Karena kasus nomor HP sudah hilang dan ganti ini sering menjadi masalah ketika lupa password instagram, email, twitter dan akun lain yang membutuhkan recovery dengan nomor HP.

Yang perlu kamu siapkan untuk reset password instagram dengan email adalah alamat email yang terhubung dengan Instagram, akses ke email yang terhubung, password baru dan tentunya aplikasi instagram. Baiklah berikut ini langkah langkah untuk reset password instagram yang lupa dengan email.

Cara Reset Password Instagram dengan Email

  1. Buka aplikasi instagram di smartphone

Kalau kamu menggunakan aplikasi Instagram di smartphone kamu, buka dulu aplikasi ini. Karena kamu mencari cara reset password Instagram, jadi pasti kamu sudah tau cara membuka aplikasi yang satu ini 🙂 .

  1. Klik pilihan “Dapatkan bantuan untuk masuk”

    reset password instagram

    Klik dapat bantuan masuk

Apabila aplikasi instagram kamu belum login ke akun instagram maka kamu akan langsung dihadapkan dengan halaman login. Namun apabila sudah dalam kondisi login di akun instagram lain, kamu bisa menambahkan akun dari profil kamu.

Baca juga: Cara login banyak akun di satu aplikasi instagram dan Cara menambah follower instagram dengan cepat dan aman.

Setelah masuk di halaman login, klik tulisan “Dapatkan bantuan untuk masuk” di bawah form data login.

  1. Klik gunakan Nama Pengguna atau Email

    reset password instagram

    Klik pilihan reset dengan email

Ada tiga cara bantuan masuk yang bisa dipilih ketika lupa password instagram. Ketiga cara itu adalah reset password Instagram dengan Nama Pengguna atau Email, Nomor HP dan Facebook. Kali ini kita pilih yang Gunakan Nama Pengguna atau Email.

  1. Masukkan alamat email

    reset password instagram

    Masukkan alamat email

Masukkan alamat email yang terhubung dengan akun instagram kamu. Jangan sampai kamu lupa alamat email yang terhubung dengan akun kamu ya. Karena kalu sudah lupa dengan kata sandi instagram dan tidak memasukkan nomor HP saat mendaftar bisa repot nanti untuk mengembalikan akun instagram kamu.

Apabila kamu memiliki banyak email dan lupa email mana yang kamu gunakan, kamu bisa buka dulu email kamu. Kamu cek satu persatu email kamu dan cari apakah pernah ada email dari instagram saat pertama kamu daftar dulu.

Kalau sudah ketemu, isikan alamat email kamu di form pada aplikasi instagram, lalu tekan panah warna biru pada bagian pojok kanan atas.

  1. Cek apakah akun yang kamu cari sudah benar

Apabila alamat email yang kamu masukkan sudah benar, maka nama akun kamu dan foto profilnya akan ditampilkan di layar. Cek apakah benar akun tersebut yang sedang ingin kamu reset kata sandi.

  1. Klik kirim sebuah email

    reset password instagram

    Klik kirim sebuah email

Setelah kamu yakin akun tersebut adalah akun instagram yang ingin kamu reset password, klik pilihan Kirim sebuah Email. Maka satu email akan masuk kedalam akun email kamu.

  1. Instagram memberi tahu tentang kiriman email

Setelah email dikirimkan ke akun email kamu, maka instagram akan memberi tahu kamu bahwa sebuah email dengan tautan sudah dikirimkan ke alamat email yang kamu masukkan.

  1. Buka email kamu

Buka aplikasi email atau kamu juga bisa masuk melalui browser.

  1. Masuk ke bilah kelompok email social

    reset password instagram

    Masuk ke email

Bagi kamu yang menggunakan email gmail, maka email akan dikelompokkan berdasarkan kategori. Email dari instagram yang berhubungan dengan reset password instagram akan masuk ke kategori social.

  1. Buka email yang dikirim oleh instagram

    reset password instagram

    temukan email dari instagram

Email dari instagram biasanya langsung masuk meskipun kamu baru saja mengajukan permohonan reset kata sandi insatgram yang lupa. Email ini berisi sedikit penjelasan dari instagram tentang penggantian kata sandi.

  1. Klik tautan reset password

    reset password instagram

    Klik tautan yang tersedia

Pada badan email akan ada tautan dengan tulisan “reset password” berwarna putih dan backgroud warna biru. Silahkan di klik.

  1. Klik pilihan browser yang kamu miliki atau aplikasi

    reset password instagram

    Pilih aplikasi atau browser

Setelah klik tautan, kamu akan ditawari aplikasi apa yang akan kamu gunakan untuk reset password instagram. Saya sarankan kamu pakai aplikasi instagram saja supaya nanti bisa langsung login. Kamu juga bisa menggunakan browser untuk reset kata sandi.

  1. Masukkan kata sandi baru

    reset password instagram

    Masukkan kata sandi Instagram terbaru

Kamu akan di alihkan ke aplikasi instagram dan akan diberi form untuk memasukkan kata sandi baru. Kata sandi yang kamu masukkan harus kata sandi baru yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya. Masukkan kata sandi sebanyak dua kali untuk memastikan kamu memasukkan kata sandi yang benar.

  1. Klik tanda centang biru

    reset password instagram

    Klik tanda centang biru

Setelah kamu masukkan kata sandi baru, logo centang biru di bagian pojok kanan atas akan aktif. Klik logo ini untuk menyelesaikan reset password instagram. Apabila password yang kamu masukkan sama dengan password yang pernah kamu gunakan maka instagram tidak mau untuk menyelesaikan proses.

  1. Selesai

Selamat kamu telah berhasil melakukan reset kata sandi instagram yang lupa. Kamu akan langsung masuk ke timeline akun instagram kamu.

Sekian tadi cara reset password instagram dengan email tanpa nomor HP. Cukup mudah dilakukan bukan? Kuncinya adalah kita masih ingat dengan email yang terhubung ke akun instagram dan masih bisa membuka email.

Setelah selesai melakukan reset password instagram, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dari Instagram. Email ini berisi tentang informasi bahwa kamu sudah mengganti kata sandi instagram.

reset password instagram

Email dari Instagram

Selain melalui cara di atas, kamu juga bisa masuk melalui link instagram.com/accounts/password/reset. Melalui link ini, kamu akan langsung masuk ke tahap ke 6. Kamu hanya akan diminta untuk memasukkan alamat email dan mengisi captcha kemudian lanjut ke langkah nomor 7 dan seterusnya seperti di atas. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone maupun dengan browser pada pc dan laptop.

Ohya , jika gagal, jangan lupa cek metode recovery lain yang tersedia, karna  selain reset sandi dengan email, kamu bisa reset sandi instagram dengan nomer hp, ataupun reset dengan akun facebook kamu.

Semoga berhasil dan akun kamu bisa kembali :).

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

4 Responses

  1. Ozan says:

    Bagaimana kalau email yang saya tautkan juga tidak saya gunakan lagi? Mohon bantuannya

  2. Dian says:

    Iyah bagaimana kalo email nya itu juga bukan email yg terkait dengan instagram saya ?

  3. indra gunawan says:

    mkasih bnyak atas bantuannya, sangat bermanfaat. sy sdh coba dan berhasil.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *