Cara membuat channel (saluran) IGTV baru

IGTV merupakan salah satu fitur terbaru di instagram. Selain bisa di akses langsung dari aplikasi Instagram, IGTV juga memiliki aplikasi yang berdiri sendiri dan terpisah dari Instagram. Setelah diluncurkan pada pertengahan tahun 2018 yang lalu, IGTV telah berhasil menjadi rumah bagi jutaan pengguna, baik itu para content creator maupun para penggemar video – video IGTV.

IGTV awalnya diluncurkan dengan mengadaptasi dari gimana cara kamu memegang HP (potrait / vertikal).

Oleh karena itu, video – video yang tersedia di IGTV akan berformat vertikal dan memenuhi layar ponsel kamu tanpa perlu memutar HP kamu terlebih dahulu untuk membesarkan gambar.

Bagi para content creator, baik yang masih amatiran maupun yang sudah profesional, IGTV bisa menjadi tempat baru yang perlu dijajal. Namun sebelum memulainya, kamu musti terlebih dahulu membuat channel di IGTV. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara membuat channel IGTV

Perlu diketahui, saat ini kamu tidak perlu lagi membuat channel terlebih dahulu untuk mengunggah video ke IGTV. Nantinya, ketika kamu sudah mengunggah satu video ke IGTV maka kamu akan dibuatkan channel otomatis dengan nama channel sesuai dengan nama Instagram kamu.

1. Pastikan Instagram kamu sudah melakukan pembaruan / update. Jika Instagram kamu sudah diperbarui, silahkan buka akun Instagram kamu dan pilih ikon TV di kanan atas untuk masuk ke IGTV.

Ketuk ikon TV untuk masuk ke IGTV

2. Jika kamu sudah berada di IGTV, pilih ikon plus di bagian atas untuk langsung mengunggah video yang kamu inginkan.

Pilih ikon plus untuk mengunggah video

3. Setelah kamu memilih video yang akan diunggah ke IGTV, kamu akan melihat tampillan seperti pada gambar. Disana kamu bisa mengedit gambar sampul video kamu. Pilih ikon foto yang berada di bagian bawah untuk memilih gambar. Jika dirasa sudah cukup, pilih “Selanjutnya” untuk melanjutkan.

Mengubah gambar sampul video jika diinginkan

4. Selanjutnya, kamu tambahkan judul video beserta keterangan singkat mengenai video kamu. Jika sudah cukup, selanjutnya bagi kamu yang bingung bagaimana cara upload IGTV di feed Instagram, kamu bisa dengan mudahnya mengatur hal tersebut di bagian bawah form ‘keterangan’.

Kamu tidak hanya bisa mengatur apakah video tersebut ingin kamu bagikan di feed Instagram atau tidak. Kamu juga bisa mengatur apakah kamu ingin membagikannya di Facebook atau tidak. Jika kamu ingin membagikan video tersebut ke feed Instagram dan ke Facebook, silahkan geser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Menambahkan judul dan keterangan menarik untuk video yang akan di unggah

Bila sudah dirasa siap unggah, pilih “Kirim” untuk mulai mengunggah video ke IGTV. Tunggu beberapa saat hingga video berhasil diunggah. Lama tidaknya waktu mengunggah tergantung besarnya ukuran video dan kecepatan koneksi internet kamu.

5. Jika kamu sudah berhasil mengunggah video, silahkan cek di bagian profil akun Instagram kamu. Kamu akan memiliki tab baru, yaitu tab ber-ikon TV yang berarti kamu sudah memiliki channel IGTV. Nama channel akan disesuaikan dengan nama akun Instagram kamu.

Channel IGTV yang berhasil dibuat
Channel IGTV yang berhasil dibuat

6.Jika kamu ingin mengelola dan mengupload video selanjutnya via IGTV (aplikasi terpisah), silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di Play Store. Tampilan aplikasinya seperti pada gambar dibawah.

Tampilan aplikasi IGTV di Play Store
Tampilan aplikasi IGTV di Play Store

7. Setelah kamu download aplikasinya, silahkan buka aplikasi tersebut. Tampilan halaman awal aplikasinya seperti pada gambar.

Kalau kamu sudah login ke akun Instagram kamu maka biasanya akan otomatis menampilkan “lanjutkan sebagai nama akun kamu”. Pilih saja pilihan tersebut untuk langsung masuk ke akun IGTV kamu.

Tampilan halaman awal aplikasi IGTV
Tampilan halaman awal aplikasi IGTV

8. Setelah kamu masuk ke aplikasi IGTV, silahkan langsung unggah video yang sudah kamu siapkan dengan cara klik saja ikon bertanda plus di bagian atas, atau kamu bisa mengikuti cara ke 2 hingga ke 5 diatas.

Syarat mengunggah video ke IGTV

Sebelum kamu mengunggah video ke IGTV, ada baiknya kamu harus tau terlebih dahulu aturan – aturan video untuk IGTV yang berlaku saat ini. Dilansir dari situs resminya https://id-id.facebook.com aturan yang berlaku terhadap video untuk IGTV yaitu:

  1. Durasi video berkisar antara 15 detik sampai 10 menit. Hanya akun yang memiliki banyak pengikut dan sudah terverifikasi yang dapat mengunggah video hingga berdurasi 60 menit, dengan catatan pengunggahannya melalui komputer.
  2. Video yang dapat diunggah hanya berformat MP4
  3. Untuk pengunggahan video vertikal, kamu bisa mengunggah dengan rasio aspek 9:16 atau video horizontal dengan rasio aspek 16:9 dengan resolusi minimal 720 px.
  4. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 10 menit adalah 650 MB. Sedangkan ukuran file maksimal untuk video berdurasi diatas 10 menit hingga 60 menit adalah 3.6 GB.
  5. Untuk ukuran foto sampul, direkomendasikan menggunakan ukuran 420 piksel x 654 piksel (atau rasio 1:1,55).

Jadi jika kamu ingin mengunggah video ke IGTV, perhatikan terlebih dahulu aturan diatas supaya video yang kamu unggah memiliki hasil yang maksimal serta tidak dianggap melanggar ketentuan Instagram.


Note:

Pada awalnya IGTV hanya mendukung video berformat vertikal / potrait. Namun kabarnya kini kamu sudah bisa mengunggah video dengan format horizontal / landscape. Tetapi baru – baru ini, saat aku ingin mencoba mengunggah video dengan format horizontal ternyata belum bisa dilakukan. Video yang di unggah justru akan terpotong menjadi berformat vertikal.

Mungkin fitur ini belum berlaku ke semua negara, termasuk Indonesia. Terus update aplikasi IGTV / Instagram kamu sembari menunggu fitur tersebut dapat kamu nikmati.


Oke, Sekarang sudah tau kan bagaimana cara membuat channel IGTV dan cara mengunggah video disana?

Saat ini kamu sudah tidak perlu membuat channel terlebih dahulu, karena ketika kamu sudah mengunggah satu video ke IGTV maka kamu akan dibuatkan channel secara otomatis sesuai dengan nama akun Instagram kamu.

Kamu bisa memanfaatkan IGTV untuk menciptakan konten – konten video yang kreatif, siapa tau kamu jadi mendadak nge-hits! Hehe..

Bagi kamu para pecinta video, yang hobinya nonton video – video di Instagram, IGTV layak menjadi pilihan. Ada banyak video – video dengan berbagai jenis bahasan yang bisa kamu tonton disana. Silahkan dicoba.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan